Forum Ikatan Vespa Indonesia

Tempat tukar Informasi para Vespamania Indonesia
 
IndeksIndeks  GalleryGallery  CalendarCalendar  FAQFAQ  PendaftaranPendaftaran  GroupGroup  Login  
Share | 
 

 tegangan koil ???

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
remanda
Bikers


Jumlah posting: 76
Age: 35
Localisation: Pondok Jagung-Tangerang
Registration date: 11.08.08

PostSubyek: tegangan koil ???   Mon 5 Jan 2009 - 22:23

Saya mau tanya nih emang macam2 tegangan untuk koil brp aja???
Soalnya waktu saya ganti koil yg baru kok malah ga bs nyala/idup mesinnya truz pas saya ganti lg ke koil yg lama ehhhh malah bs lagi.....
Kembali Ke Atas Go down
vesfa
Vespa Raiders


Jumlah posting: 491
Localisation: Jakarta
Registration date: 08.10.08

PostSubyek: Re: tegangan koil ???   Tue 6 Jan 2009 - 9:42

Vespanya apa bor?

Koil yang lama koil vespa......... orsinilnya.......

nah yang barunya..... diganti pakai koil apa.............?
jangan-jangan......

hehehe Razz Razz Razz
Kembali Ke Atas Go down
remanda
Bikers


Jumlah posting: 76
Age: 35
Localisation: Pondok Jagung-Tangerang
Registration date: 11.08.08

PostSubyek: Re: tegangan koil ???   Tue 6 Jan 2009 - 18:35

vesfa wrote:
Vespanya apa bor?

Koil yang lama koil vespa......... orsinilnya.......

nah yang barunya..... diganti pakai koil apa.............?
jangan-jangan......

hehehe Razz Razz Razz


Vespa Super th 74
Koil yg lama ga tau mslhnya dari beli sih, tapi kata yg jual kalo koil yg baru buat vespa super tapi kok bs nyala ya????Apa ngaruh ama tegangannya kali ya jadi ga kuat untuk nyala??
Kembali Ke Atas Go down
vesfa
Vespa Raiders


Jumlah posting: 491
Localisation: Jakarta
Registration date: 08.10.08

PostSubyek: Re: tegangan koil ???   Tue 6 Jan 2009 - 23:49

ngutip dari puluhan blog:
"Yang disebut Proses pengapian adalah terjadinya satu percikan api busi sebagai penyulut bahan bakar yang telah tercampur dan terbilas oleh poros engkol atau krukas yang ada dalam ruang bakar guna terjadinya ledakan yang menghasilkan dorongan seher. Api yang ada di busi dihasilkan dari SPUL PLATINA yang ada dalam medan magnet, setrum dari spul di stabilkan KONDENSATOR berukuran 2 farad lalu di sinyalkan atau sistem pemulsaran oleh PLATINA setrum yang melalui proses di atas di perkuat atau perbesar oleh KOIL, proses ini berdampak percikan api di BUSI berkekuatan lebih dari 4000 voltase dengan titik ampere lemah"

4000 V.........? hehehehe........


"Koil yang layak pakai apabila kita konsletkan kabel busi dengan jarak ke massa mesin kira kira 8 mm masih terjadi loncatan api berwarna biru, bila tida berwarana biru di sini percikan atau loncatan api berwarna merah ini berarti setelan platina tidak benar atau si koilnya yang memang sudah lemah, loncatan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina, Penyetelan platina yang benar adalah berjarak kerenggangan antara konektor minus dan konektor plus nya kira-kira 0,5mm. dengan menggunakan obeng min, perlu di ingat penyetelannya jangan di ketok karena hal akan mempersingkat umur pakai platina karna entara konektor tidak lurus atau bengkok. Loncatan yang terjadi pada platina juga
berkaitan dengan kondisi kondensator Pemeriksaan kondensator amat lah mudah apa bila terjadi lancatan api di platina ini di karenakan kondensator anda sudah tidak layak pakai, ganti kondensor anda atau ada cara lain yaitu cangkok kondensor dengan kondensor lainnya atau sistem kondensatornya di double dengan ukuran kapasitas kondensor yang sama 2 farad, Yang terakhir adalah cek spul pengapian anda masih layak pakai atau harus di ganti dengan yang baru, tanda spul pengapian rusak, biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendor, spul putus.
Apabila semuanya stabil maka anda wajib memeriksa nap puur atau ketepatan pengapian tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak juga lihat kondisi rotor masih bagus atau sudah tidak, ukuran nap puur adalah 21 drajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher di atas."

CMIIW ........... PX mania soalnya......... maaf kalau cuma bisa ngutip.....
Kembali Ke Atas Go down
WAWAN
Vespa Team Deluxe


Jumlah posting: 1508
Localisation: VESKADA - TANGERANG - BANTEN
Registration date: 19.11.07

PostSubyek: Re: tegangan koil ???   Wed 7 Jan 2009 - 12:38

Bro Vespa, ini menarik banget. Sangat informatif...

Kalo boleh tahu, nap puur itu bahasa gampangnya apasih... Maksudnya keterangan yang lebih mudah untuk dimengerti gitu looh...

maklum ga ngerti bahasa/istilah mesin...
Kembali Ke Atas Go down
vesfa
Vespa Raiders


Jumlah posting: 491
Localisation: Jakarta
Registration date: 08.10.08

PostSubyek: Re: tegangan koil ???   Wed 7 Jan 2009 - 12:50

hehehe..... belom nemu tuh Om Wawan.
artinya Nap Puur apaan.....
masih cari2... sekalian cari schema....

tapi pernah liat temen , itu... waktu masang flywheel yg nggesek2 biar ada api.
katanya ada setelannya jadi disesuain sama piston pas Titik mati bawah.
baru flywheelnya dipasin dan dipasang...
hehe belibet yak....

CMIIW

Om Vespa_Maker kayaknya tau nih......
ditunggu partisipasinya.........

Rekan2 yg lain yang pro platina ....... hehehe.. soalnya aye kedoyanan CDI.
Kembali Ke Atas Go down
ridobrown
Vespa Team Bronze


Jumlah posting: 2490
Age: 42
Localisation: http://hotel-forsale.blogspot.com
Registration date: 03.07.07

PostSubyek: Re: tegangan koil ???   Wed 7 Jan 2009 - 13:03

mangkanya.... jangan kopi paste aja dong....... nt gimana sich... kaga mampir ke bogor
Kembali Ke Atas Go down
http://ridobrown.wordpress.com
WAWAN
Vespa Team Deluxe


Jumlah posting: 1508
Localisation: VESKADA - TANGERANG - BANTEN
Registration date: 19.11.07

PostSubyek: Re: tegangan koil ???   Wed 7 Jan 2009 - 13:10

Ini yang diomelin siapa Bro Ridho...
Kembali Ke Atas Go down
Vinic & Vespa
Vespa Team GOLD


Jumlah posting: 5937
Localisation: old trafford
Registration date: 28.06.08

PostSubyek: Re: tegangan koil ???   Wed 7 Jan 2009 - 13:15

Koil?
Platina?
Busi?
Keknya pernah dengar tuh..
lol!
Kembali Ke Atas Go down
remanda
Bikers


Jumlah posting: 76
Age: 35
Localisation: Pondok Jagung-Tangerang
Registration date: 11.08.08

PostSubyek: Re: tegangan koil ???   Wed 7 Jan 2009 - 22:49

WAWAN wrote:
Bro Vespa, ini menarik banget. Sangat informatif...

Kalo boleh tahu, nap puur itu bahasa gampangnya apasih... Maksudnya keterangan yang lebih mudah untuk dimengerti gitu looh...

maklum ga ngerti bahasa/istilah mesin...

Gmn Bro Wawan ada komen ga????Di tunggu nih.... Question Question Question
Kembali Ke Atas Go down
remanda
Bikers


Jumlah posting: 76
Age: 35
Localisation: Pondok Jagung-Tangerang
Registration date: 11.08.08

PostSubyek: Re: tegangan koil ???   Wed 7 Jan 2009 - 22:51

ridobrown wrote:
mangkanya.... jangan kopi paste aja dong....... nt gimana sich... kaga mampir ke bogor

Bro Ridho gmn kmrn tahun barunya rame ga???Btw kmrn mau mluncur eh dah macet duluan.
Kpn2 main ah ke Bogor??? I love you I love you I love you
Kembali Ke Atas Go down
ridobrown
Vespa Team Bronze


Jumlah posting: 2490
Age: 42
Localisation: http://hotel-forsale.blogspot.com
Registration date: 03.07.07

PostSubyek: Re: tegangan koil ???   Thu 8 Jan 2009 - 9:15

remanda wrote:
ridobrown wrote:
mangkanya.... jangan kopi paste aja dong....... nt gimana sich... kaga mampir ke bogor

Bro Ridho gmn kmrn tahun barunya rame ga???Btw kmrn mau mluncur eh dah macet duluan.
Kpn2 main ah ke Bogor??? I love you I love you I love you


di tunggu bro kedatangannya.... kalo sabtu minggu nt telp dulu...takutnya saya di puncak...

tahun baruan kemaren rame... saya kebetulan rumah mertua di kelilingi hotel .. jadi tinggal nonton dari rumah pesta kembang api... gratis-tis-tis....
Kembali Ke Atas Go down
http://ridobrown.wordpress.com
ridobrown
Vespa Team Bronze


Jumlah posting: 2490
Age: 42
Localisation: http://hotel-forsale.blogspot.com
Registration date: 03.07.07

PostSubyek: Re: tegangan koil ???   Thu 8 Jan 2009 - 9:17

WAWAN wrote:
Ini yang diomelin siapa Bro Ridho...

itu bro... si pajar...
Kembali Ke Atas Go down
http://ridobrown.wordpress.com
vespa_maker
Vespa Team Bronze


Jumlah posting: 2228
Age: 43
Localisation: Kemang Timur 86
Registration date: 27.06.08

PostSubyek: Re: tegangan koil ???   Thu 8 Jan 2009 - 10:06

vesfa wrote:


Om Vespa_Maker kayaknya tau nih......
ditunggu partisipasinya.........

Rekan2 yg lain yang pro platina ....... hehehe.. soalnya aye kedoyanan CDI.

ini mudah-mudahan bisa membantu http://vespamaker.blogspot.com/2008/08/platina-semi-cdi.html
Kembali Ke Atas Go down
http://www.vespamaker.co.cc
vesfa
Vespa Raiders


Jumlah posting: 491
Localisation: Jakarta
Registration date: 08.10.08

PostSubyek: Re: tegangan koil ???   Thu 8 Jan 2009 - 12:46

ridobrown wrote:
WAWAN wrote:
Ini yang diomelin siapa Bro Ridho...

itu bro... si pajar...

Sad Sad saya kan cuma membantu jawab kang.....
jangan di omelin dunk.....

kalau masalah ga mampir.... itu lain soal kang.... hehehe...
Kembali Ke Atas Go down
 

tegangan koil ???

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next

 Similar topics

-
» Dual Coil Ignition.
» Tanya dong, mungkin ada yang pernah ngukur..
» Sekilas tentang Dan Motor
» cara lihat cdi ga ada apiny
» numpang tanya om semua..

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ikatan Vespa Indonesia ::  :: -