Forum Ikatan Vespa Indonesia

Tempat tukar Informasi para Vespamania Indonesia
 
IndeksIndeks  GalleryGallery  CalendarCalendar  FAQFAQ  PendaftaranPendaftaran  GroupGroup  Login  

Share | 
 

 koil mobil yang bagus bt vespa

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
akaza

avatar

Jumlah posting : 3
Age : 31
Localisation : Padang
Registration date : 25.02.10

PostSubyek: koil mobil yang bagus bt vespa   Mon 1 Mar 2010 - 12:43

slam kenal vespamania................
numpang tanya nich bang...........
koil mobil apa yang bgs bt vespa....

dan gmn cara pemasangannya.....
tolong se detail mungkin......

maklum amatiran........... Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
avatar

Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Mon 1 Mar 2010 - 14:45

untuk apa dulu memasang koil mobil? bisa memakai milik toyota kijang (versi karbu) atau daihatsu lama ( astra versi karbu) tetapi harus menganti kabel koilnya dulu, juga pastikan koil mobil yang anda dapatkan telah mengalami penurunan daya (jangan beli koil mobil jepang baru karena dengan daya yang lebih besar kemungkinan terburuk adalah dapat menyebabkan lubang di piston anda)
Kembali Ke Atas Go down
WAWAN
Vespa Team Deluxe
avatar

Jumlah posting : 1508
Localisation : VESKADA - TANGERANG - BANTEN
Registration date : 19.11.07

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Fri 5 Mar 2010 - 0:00

Setuju...
Sekedar berbagi pengalaman..
Saya pernah mencoba untuk menggunakan koil mobil (bekas tentunya)
Pengapian memang menakjubkan, namun ternyata berdampak pada mesin yang menjadi cepet panas. Saya khawatir, kalau panas mesin merembet ke Roda belakang dan memperpendek usia pakai Ban belakang.

Jadinya saya copot lagi.

Cara pasangnya sederhana, karna tidak jauh beda dengan koil vespa. Hanya saja seperti yang di sampaikan Bro koenig, bahwa harus memperhatikan kabel utama yang ke busi. Tidak boleh bocor!

Saya sarankan, jika bukan dalam kondisi darurat, lebih baik pakai koil aslinya vespa saja, karna sudah di seting oleh Bos Enrico Piaggio untuk daya dan kapasitasnya.

tk.
Kembali Ke Atas Go down
Masz Irenk
Bikers


Jumlah posting : 119
Age : 52
Registration date : 02.08.09

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Sun 7 Mar 2010 - 14:01

Smile LEBIH BAIK PAKE KOIL ORISINIL VESPA, BANYAK EKSPERIMEN, JELAS BANYAK ILMU DAN PENGALAMAN, DAN JELAS JUGA BANYAK BIAYA... Very Happy
SETUJU DAN BETUL DGN SARAN PAK WAWAN.
Kembali Ke Atas Go down
law_joss



Jumlah posting : 4
Age : 33
Localisation : Ungaran Kab.Semarang
Registration date : 16.02.10

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Tue 9 Mar 2010 - 2:02

Very Happy idem sama mas irenk he..he.. Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Aykha Thahirah bachtiar
Vespa Team Junior
avatar

Jumlah posting : 537
Age : 47
Localisation : Cengkareng, Indonesia
Registration date : 07.03.09

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Tue 9 Mar 2010 - 11:02

WAWAN wrote:
Setuju...
Sekedar berbagi pengalaman..
Saya pernah mencoba untuk menggunakan koil mobil (bekas tentunya)
Pengapian memang menakjubkan, namun ternyata berdampak pada mesin yang menjadi cepet panas. Saya khawatir, kalau panas mesin merembet ke Roda belakang dan memperpendek usia pakai Ban belakang.

Jadinya saya copot lagi.

Cara pasangnya sederhana, karna tidak jauh beda dengan koil vespa. Hanya saja seperti yang di sampaikan Bro koenig, bahwa harus memperhatikan kabel utama yang ke busi. Tidak boleh bocor!

Saya sarankan, jika bukan dalam kondisi darurat, lebih baik pakai koil aslinya vespa saja, karna sudah di seting oleh Bos Enrico Piaggio untuk daya dan kapasitasnya.

tk.

Satujuuuuuu....Bravo...
Kembali Ke Atas Go down
http://Sjamsul.Bachtiar@yahoo.com
ridobrown
Vespa Team Bronze
avatar

Jumlah posting : 2490
Age : 45
Localisation : http://hotel-forsale.blogspot.com
Registration date : 03.07.07

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Thu 1 Apr 2010 - 18:08

setuju dengan bro wawan... saya dulu pake koil kijang... yang ada busi per 1 minggu habis...musti ganti terus...
Kembali Ke Atas Go down
http://ridobrown.wordpress.com
WAWAN
Vespa Team Deluxe
avatar

Jumlah posting : 1508
Localisation : VESKADA - TANGERANG - BANTEN
Registration date : 19.11.07

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Thu 1 Apr 2010 - 23:12

ridobrown wrote:
setuju dengan bro wawan... saya dulu pake koil kijang... yang ada busi per 1 minggu habis...musti ganti terus...

Keknya koleksi businya jadi banyak nech....
Kembali Ke Atas Go down
ridobrown
Vespa Team Bronze
avatar

Jumlah posting : 2490
Age : 45
Localisation : http://hotel-forsale.blogspot.com
Registration date : 03.07.07

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Mon 5 Apr 2010 - 9:13

WAWAN wrote:
ridobrown wrote:
setuju dengan bro wawan... saya dulu pake koil kijang... yang ada busi per 1 minggu habis...musti ganti terus...

Keknya koleksi businya jadi banyak nech....

naaahh itu... tapi sudah pada wassalam....
Kembali Ke Atas Go down
http://ridobrown.wordpress.com
si bontet
Bikers
avatar

Jumlah posting : 154
Age : 31
Localisation : bengkulu
Registration date : 11.02.10

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Tue 6 Apr 2010 - 7:46

ridobrown wrote:
WAWAN wrote:
ridobrown wrote:
setuju dengan bro wawan... saya dulu pake koil kijang... yang ada busi per 1 minggu habis...musti ganti terus...

Keknya koleksi businya jadi banyak nech....

naaahh itu... tapi sudah pada wassalam....

hehehehehehe
Kembali Ke Atas Go down
ade_adjie
Bikers
avatar

Jumlah posting : 126
Age : 34
Localisation : Setiabudhi - Bandung
Registration date : 13.05.10

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Fri 14 May 2010 - 22:18

mending jangan pake yang aneh2, toh pake koil aslinya juga bagus, yg penting bisa nyala, ga mogok, awet trus aman.....
apalagi klo dipake buat harian, riskan bro....
Kembali Ke Atas Go down
ochagangsta
Pemula
avatar

Jumlah posting : 18
Age : 42
Localisation : Parung
Registration date : 06.07.10

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Sun 1 Aug 2010 - 19:30

ane sih.. apa adanya...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/ochagangsta
toea_gila
Vespa Raiders
avatar

Jumlah posting : 315
Registration date : 13.07.07

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Mon 2 Aug 2010 - 9:40


tuhh. khan... semua saran pake koil vespa, tapi memang klo mo pake koil mobil juga bisa, cari aja koil mobil suzuki truntung... (gua lupa namanya apa)...

hal kedua yang perlu diperhatikan (kalau memang mau "kekeh") pake koil mobil, ganti seher anda (untuk menghindari lubang pada seher - bro koening),

ketiga, usahakan pas pengapiannya, maksudnya... hindari knocking...

keempat, sesuaikan kondensornya...
Kembali Ke Atas Go down
ino.ss90
Bikers
avatar

Jumlah posting : 140
Age : 38
Localisation : bekasi-barat
Registration date : 09.11.09

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Mon 2 Aug 2010 - 21:50

kl ane mending ori aja dah.
Kembali Ke Atas Go down
Vinic & Vespa
Vespa Team GOLD
avatar

Jumlah posting : 5937
Localisation : old trafford
Registration date : 28.06.08

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Mon 2 Aug 2010 - 22:00

izin menyimak gan .. affraid affraid
Kembali Ke Atas Go down
ino.ss90
Bikers
avatar

Jumlah posting : 140
Age : 38
Localisation : bekasi-barat
Registration date : 09.11.09

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Tue 3 Aug 2010 - 20:59

Vinic & Vespa wrote:
izin menyimak gan .. affraid affraid
sekali lg maaf mas bro lupa.maaf 2000x.ane numpang nyimak
Kembali Ke Atas Go down
ashari_Scott.
Vespa Team Junior
avatar

Jumlah posting : 597
Age : 67
Registration date : 13.10.10

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Tue 25 Jan 2011 - 10:52

kalo saya menggunakan kondensor kijang super(karburasi) merek denso...
Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders


Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Tue 25 Jan 2011 - 13:59

ashari_Scott. wrote:
kalo saya menggunakan kondensor kijang super(karburasi) merek denso...

Pemakain kondensor semacam itu tidak akan menimbulkan dampak yang tidak diinginkan,
dan lain halnya dengan pemakaian koil mobil di vespa.


Besarnya voltase yang keluar dari koil :
- koil motor = 11.000 - 15.000 volt
- koil mobil = 20.000 - 25.000 volt

Karena itu jika tetap ingin memakai koil mobil, dianjurkan memakai koil mobil bekas,
dengan asumsi bahwa koil mobil bekas tsb sudah agak soak,
sehingga keluaran voltasenya mirip dengan keluaran voltase koil vespa.

Kita bisa memakai kondensor standar atau kondensor mobil (seperti contoh dari bro Ashari) di vespa dengan koil standar.
Namun jika koil vespa diganti dengan koil mobil, maka kondensornya juga harus diganti dengan kondensor mobil.

Juga perlu dipertimbangkan pemilihan dan pemakaian busi.
Busi standar dengan elektrode nikel, didisain mampu menyalurkan tegangan sampai 11.000 volt.
Dan busi platinum/iridium mampu menyalurkan tegangan sampai 20.000 volt.
Karena itu jika ingin memakai koil mobil yang masih bagus,
sebaiknya memakai busi platinum atau busi iridium,
sehingga kinerja mesin tidak mengalami penurunan pada putaran tinggi,
dan busi tidak cepat mati.

Satu hal lagi, yaitu mengenai besaran arus.
Di atas yang kita bicarakan adalah besarnya/tingginya voltase yang dihasilkan.
Sebenarnya hal lain yang mempengaruhi kualitas pengapian adalah besarnya arus yang dihasilkan,
yang akan berubah menjadi percikan api di busi.
Dan besarnya arus yang keluar dari koil tsb berjalan sejajar dengan besarnya arus yang masuk.
Karena itu usaha kita untuk meningkatkan kinerja mesin dengan memakai koil mobil tsb
akan semakin mumpuni jika dilengkapi dengan kondisi spull dan magnet yang prima,
karena daripadanyalah sumber masukan strum ke koil.
Kembali Ke Atas Go down
ashari_Scott.
Vespa Team Junior
avatar

Jumlah posting : 597
Age : 67
Registration date : 13.10.10

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Tue 25 Jan 2011 - 14:17

Laretha wrote:
ashari_Scott. wrote:
kalo saya menggunakan kondensor kijang super(karburasi) merek denso...

Pemakain kondensor semacam itu tidak akan menimbulkan dampak yang tidak diinginkan,
dan lain halnya dengan pemakaian koil mobil di vespa.


Besarnya voltase yang keluar dari koil :
- koil motor = 11.000 - 15.000 volt
- koil mobil = 20.000 - 25.000 volt

Karena itu jika tetap ingin memakai koil mobil, dianjurkan memakai koil mobil bekas,
dengan asumsi bahwa koil mobil bekas tsb sudah agak soak,
sehingga keluaran voltasenya mirip dengan keluaran voltase koil vespa.

Kita bisa memakai kondensor standar atau kondensor mobil (seperti contoh dari bro Ashari) di vespa dengan koil standar.
Namun jika koil vespa diganti dengan koil mobil, maka kondensornya juga harus diganti dengan kondensor mobil.

Juga perlu dipertimbangkan pemilihan dan pemakaian busi.
Busi standar dengan elektrode nikel, didisain mampu menyalurkan tegangan sampai 11.000 volt.
Dan busi platinum/iridium mampu menyalurkan tegangan sampai 20.000 volt.
Karena itu jika ingin memakai koil mobil yang masih bagus,
sebaiknya memakai busi platinum atau busi iridium,
sehingga kinerja mesin tidak mengalami penurunan pada putaran tinggi,
dan busi tidak cepat mati.

Satu hal lagi, yaitu mengenai besaran arus.
Di atas yang kita bicarakan adalah besarnya/tingginya voltase yang dihasilkan.
Sebenarnya hal lain yang mempengaruhi kualitas pengapian adalah besarnya arus yang dihasilkan,
yang akan berubah menjadi percikan api di busi.
Dan besarnya arus yang keluar dari koil tsb berjalan sejajar dengan besarnya arus yang masuk.
Karena itu usaha kita untuk meningkatkan kinerja mesin dengan memakai koil mobil tsb
akan semakin mumpuni jika dilengkapi dengan kondisi spull dan magnet yang prima,
karena daripadanyalah sumber masukan strum ke koil.
kang kalo ashari hanya mengaplikasikan vespa super saya dengan KOIL kepunyaan PX dan kondensor tambahan punya kijang super G ... dengan efek yang ditimbulkan.. menyalakan mesin lebih mudah dan bunga api yang di hasilkan oleh platina dapat di redam....
jangan pake koil mobil deh..
koil mobil itu kan membawa beban 4 busi sedangangkan koil vespa hanya membawa beban 1 busi...
ngeri .. hahahha
yang ada meldak (maybe =angan" terlalau jauh)
CMIIW
Kembali Ke Atas Go down
ad6636bb
Vespa Team Deluxe
avatar

Jumlah posting : 1402
Age : 42
Localisation : rest area
Registration date : 10.06.10

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Tue 25 Jan 2011 - 14:57

kenapa pake koil mobil ane tau ni pasti koil mobilnya bekas ya

wah cari bekas ih gak banget jangan ngaku kaya kalo belom punya vespabuat vespanya orang kaya kok barang bekas hek jijik

Kembali Ke Atas Go down
Lucky Excel
Bikers
avatar

Jumlah posting : 100
Age : 33
Localisation : Jakarta
Registration date : 04.01.11

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Tue 25 Jan 2011 - 16:01

mending pake koil ori ajalah udah mantebss koq.. tp CDI nya pake BRT/REXTOR pasti vespa anda terbang,tinggal cari top carensnya aja.
Kembali Ke Atas Go down
marcel
Bikers
avatar

Jumlah posting : 90
Registration date : 10.12.10

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Tue 25 Jan 2011 - 17:07

ashari_Scott. wrote:
Laretha wrote:
ashari_Scott. wrote:
kalo saya menggunakan kondensor kijang super(karburasi) merek denso...

Pemakain kondensor semacam itu tidak akan menimbulkan dampak yang tidak diinginkan,
dan lain halnya dengan pemakaian koil mobil di vespa.


Besarnya voltase yang keluar dari koil :
- koil motor = 11.000 - 15.000 volt
- koil mobil = 20.000 - 25.000 volt

Karena itu jika tetap ingin memakai koil mobil, dianjurkan memakai koil mobil bekas,
dengan asumsi bahwa koil mobil bekas tsb sudah agak soak,
sehingga keluaran voltasenya mirip dengan keluaran voltase koil vespa.

Kita bisa memakai kondensor standar atau kondensor mobil (seperti contoh dari bro Ashari) di vespa dengan koil standar.
Namun jika koil vespa diganti dengan koil mobil, maka kondensornya juga harus diganti dengan kondensor mobil.

Juga perlu dipertimbangkan pemilihan dan pemakaian busi.
Busi standar dengan elektrode nikel, didisain mampu menyalurkan tegangan sampai 11.000 volt.
Dan busi platinum/iridium mampu menyalurkan tegangan sampai 20.000 volt.
Karena itu jika ingin memakai koil mobil yang masih bagus,
sebaiknya memakai busi platinum atau busi iridium,
sehingga kinerja mesin tidak mengalami penurunan pada putaran tinggi,
dan busi tidak cepat mati.

Satu hal lagi, yaitu mengenai besaran arus.
Di atas yang kita bicarakan adalah besarnya/tingginya voltase yang dihasilkan.
Sebenarnya hal lain yang mempengaruhi kualitas pengapian adalah besarnya arus yang dihasilkan,
yang akan berubah menjadi percikan api di busi.
Dan besarnya arus yang keluar dari koil tsb berjalan sejajar dengan besarnya arus yang masuk.
Karena itu usaha kita untuk meningkatkan kinerja mesin dengan memakai koil mobil tsb
akan semakin mumpuni jika dilengkapi dengan kondisi spull dan magnet yang prima,
karena daripadanyalah sumber masukan strum ke koil.
kang kalo ashari hanya mengaplikasikan vespa super saya dengan KOIL kepunyaan PX dan kondensor tambahan punya kijang super G ... dengan efek yang ditimbulkan.. menyalakan mesin lebih mudah dan bunga api yang di hasilkan oleh platina dapat di redam....
jangan pake koil mobil deh..
koil mobil itu kan membawa beban 4 busi sedangangkan koil vespa hanya membawa beban 1 busi...
ngeri .. hahahha
yang ada meldak (maybe =angan" terlalau jauh)
CMIIW

pengalaman sy, koil mobil hanya "menyalakan" 1 busi per satuan waktu,
sama halnya dgn koil motor Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
marcel
Bikers
avatar

Jumlah posting : 90
Registration date : 10.12.10

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Tue 25 Jan 2011 - 17:18

ashari_Scott. wrote:
kalo saya menggunakan kondensor kijang super(karburasi) merek denso...

kl "susah" cari kondensor mobil atau hanya sekedar ingin "tahu"saja.

bisa koq menggunakan kondensor (bekas) non mobil punya Razz
Kembali Ke Atas Go down
marcel
Bikers
avatar

Jumlah posting : 90
Registration date : 10.12.10

PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   Tue 25 Jan 2011 - 21:47

melihat perdebatan penggunaan antara koil mobil & koil "asli" cukup seru Laughing

sy kebetulan mendptkan gambar koil vespa yg unik dr haynes Rolling Eyes


http://cdn-u.kaskus.us/17/mo3ih3cq.jpg
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: koil mobil yang bagus bt vespa   

Kembali Ke Atas Go down
 
koil mobil yang bagus bt vespa
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» tanya oli samping yang bagus???
» Vespa 1,5 jt
» minta info soal PS\'
» mau tanya tentang pompa oli samping exclusive 2
» Cara ganti Koil Vespa Super dan platina(Newbie)

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ikatan Vespa Indonesia :: Otomotif :: Mesin-
Navigasi: