Forum Ikatan Vespa Indonesia

Tempat tukar Informasi para Vespamania Indonesia
 
IndeksIndeks  GalleryGallery  CalendarCalendar  FAQFAQ  PendaftaranPendaftaran  GroupGroup  Login  
Share | 
 

 Cangkok kondensor ,,, pengapian bagus ??

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2
PengirimMessage
koenig blues
Vespa Team Deluxe


Jumlah posting: 1079
Localisation: somewhere peaceful
Registration date: 22.01.10

PostSubyek: Re: Cangkok kondensor ,,, pengapian bagus ??   Tue 8 Jun 2010 - 11:06

Nardi Alsas wrote:
Setau saya, Condensor atau Condensator fungsinya sebagai penyimpan arus semetara ketika membuka. Pendapat lain menyatakan sebagai peredam bunga pai yang terjadi pada saat platina mulai membuka, karena bunga api yang timbul pada platina disamping mempercepat ausnya platina, juga akan menyebabkan pemutusan arus pada platina tidak stabil (tidak putus pada celah yang dikehendaki). Ingat percikan api itu sendiri bersifat penghantar.

Nah, dengan memasang double condensor (asumsi: kondensor normal masing2 2 farad) akan menyebabkan penyerapan arus yang sangat besar pada condensor, segingga pembangkitan arus pada coil akan menurun.

Pemasangan double kondensor dimungkinkan jika kekuatan coil melebih standar. Makanya diredam sebahagian oleh kondensor

Mudah2an bisa membantu. Untuk rekan2 yang lain mohon koreksi jika salah.
Maaf orang baru
anda benar begitu juga dengan bung oeyoeng tapi perlu diingat satu hal, kadang sifat manusia itu selalu merasa kurang begitupun mekanik bengkel (jarang sekali mereka menyetel pengapian untuk sesuai dengan spek pabrikan), sehingga kadang mereka suka menyetel nafur dan platina untuk memperbesar api dengan asumsi semakin besar semakin bagus dan karena alasan inilah kondensor diperlukan, adapun alasan saya dikarenakan sayapun salah satu yang menginginkan rpm vespa saya bisa melengking setinggi mungkin sehingga saya menggunakan coil kering dan 4 buah condensor pada sprint 74 setelah saya menggeser maju pengapian hingga mentok ke depan

ps: sebenarnya satu kondensor asli piaggio sudah cukup akan tetapi membuka kipas sembarangan bisa merusak sil kruk as anda, dan kadang lebih baik menggunakan 2 buah kondensor untuk berjaga-jaga bila condensor di dalam kipas mati tiba-tiba
Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders


Jumlah posting: 494
Registration date: 12.10.09

PostSubyek: Re: Cangkok kondensor ,,, pengapian bagus ??   Tue 8 Jun 2010 - 11:48

Nardi Alsas wrote:
Setau saya, Condensor atau Condensator fungsinya sebagai penyimpan arus semetara ketika membuka. Pendapat lain menyatakan sebagai peredam bunga pai yang terjadi pada saat platina mulai membuka, karena bunga api yang timbul pada platina disamping mempercepat ausnya platina, juga akan menyebabkan pemutusan arus pada platina tidak stabil (tidak putus pada celah yang dikehendaki). Ingat percikan api itu sendiri bersifat penghantar.

Nah, dengan memasang double condensor (asumsi: kondensor normal masing2 2 farad) akan menyebabkan penyerapan arus yang sangat besar pada condensor, segingga pembangkitan arus pada coil akan menurun.

Pemasangan double kondensor dimungkinkan jika kekuatan coil melebih standar. Makanya diredam sebahagian oleh kondensor

Mudah2an bisa membantu. Untuk rekan2 yang lain mohon koreksi jika salah.
Maaf orang baru

like this sunny
Kembali Ke Atas Go down
Ignsp
Vespa Team Bronze


Jumlah posting: 2755
Age: 48
Localisation: Pinggir sungai Vila Kalisari - Depok PANDIN - NRF :127 HP:0811952246
Registration date: 07.09.09

PostSubyek: Re: Cangkok kondensor ,,, pengapian bagus ??   Tue 8 Jun 2010 - 11:56

semakin menjurus dan memberikan gambaran yang jelas.
tapi ada baiknya kalau yang ahli kupas cirkuit electricalnya, gambar dan tenaga yang dihasilkan dan fungsi kerjanya dan kekurangannya sehingga bisa di jadikan acuan yg baik
Kembali Ke Atas Go down
telor_asin
Bikers


Jumlah posting: 133
Registration date: 30.04.10

PostSubyek: Re: Cangkok kondensor ,,, pengapian bagus ??   Tue 8 Jun 2010 - 13:23

pe_pandu wrote:
sy pake kondensor Denso pny Toyota, cuma pake satu,pengapian bgs, ga pernah berebet,,
harganya berapa bro?
Kembali Ke Atas Go down
toea_gila
Vespa Raiders


Jumlah posting: 315
Registration date: 13.07.07

PostSubyek: Re: Cangkok kondensor ,,, pengapian bagus ??   Tue 8 Jun 2010 - 16:31

nimbrung ngasih pendapat dong...

dari yang gua dapat dari pengalaman pribadi, untuk mendapatkan pengapian yang baik tergantung dari beberapa hal. untuk itu... kita harus tau gimana cara kerja, gini...

Pada dasarnya koil membutuhkan setrum muatan Positif + dan negatif - agar dapat aktif. Sesaat setelah kita starter maka posisi platina akan menutup sehingga terminal - mendapatkan aliran muatan - . darimana muatan negatif ini muncul? dari body platina itu. ketika platina pada posisi menutup artinya muatan negatif- atau yang sering kita sebut massa dalam bahasa awam, tersalurkan melalui kabel platina menuju koil, sehingga koil aktif dan mengahsilkan lompatan "api" ke busi.

Bagaimana koil dapat membuat lompatan api yang besar dengan memanfaatkan sumber yang kecil (12V) ?????

Dengan memanfaatkan Hukum Faraday yaitu perubahan medan magnet pada kumparan (spul pengapian) akan menghasilkan aliran listrik pada kumparan tersebut.

nah, sampai disini, artinya... besarnya medan magnet juga berpengaruh pada kualitas listrik.... (perlu di cek magnetnya...)

kondensor

medan magnet yang terjadi pada koil juga menghasilkan tegangan pada kumparan (spul pengapian) itu sendiri. tegangan ini terjadi ketika posisi Platina terbuka, apabila tegangan ini tidak di netralisasikan atau digrounded maka akan terjadi lompatan bungan api pada platina. Apabila ini terjadi maka dalam hitungan menit maka platina kita akan hangus dan habis terbakar, makanya kalau kondensornya rusak, mbrebet dech. selain itu ketika platina posisi terbuka kondensor menampung sementara tegangan tersebut, kemudian ketika platina menutup lagi tegangan tersebut akan dinetralisir atau di grounded lagi.

busi

berfungsi untuk melakukan pembakaran campuran bahan bakar udara dalam ruang bakar kendaraan, api melompat dari ujung elekroda busi ke ground busi sehingga terjadilah pembakaran.

ada beberapa kelemahan (bawaan sejak lahir) dari platina yaitu :
- bisa haus (bantalannya) yang mengakibatkan berkurangnya pasok listrik ke koil

- Keterbatasan pada rpm tinggi dikarenakan masih mengharapkan kemampuan mekanik pegas

- klo pas dingin bisa berembun, yang berakibat mesin sukar untuk dihidupkan


-
Kembali Ke Atas Go down
ibnoe scooter ijo
Bikers


Jumlah posting: 62
Age: 26
Localisation: jogja
Registration date: 30.03.10

PostSubyek: Re: Cangkok kondensor ,,, pengapian bagus ??   Fri 18 Jun 2010 - 10:29

aku pernah pake 2 condensor tp hasil jelek,
critanya begini,waktu aku mogok di jalan condensorku lemah,,pengapian jd g ok,trus aku beli baru,dan aku cangkok,hasilnya sama aja,trus condensor yg lama aku lepas,jdnya normal lg,
mungkin kalo cangkok condensor harus sama2 masih normal condensornya ya?
Kembali Ke Atas Go down
toea_gila
Vespa Raiders


Jumlah posting: 315
Registration date: 13.07.07

PostSubyek: Re: Cangkok kondensor ,,, pengapian bagus ??   Wed 30 Jun 2010 - 19:15

ya iya lah... lagian kalau ada yang baru kenapa harus di cangkok....
Kembali Ke Atas Go down
thom
Vespa Raiders


Jumlah posting: 296
Age: 29
Localisation: Bukittinggi -> depok -> Bandung
Registration date: 13.12.08

PostSubyek: Re: Cangkok kondensor ,,, pengapian bagus ??   Wed 30 Jun 2010 - 20:21

toea_gila wrote:
nimbrung ngasih pendapat dong...

dari yang gua dapat dari pengalaman pribadi, untuk mendapatkan pengapian yang baik tergantung dari beberapa hal. untuk itu... kita harus tau gimana cara kerja, gini...

Pada dasarnya koil membutuhkan setrum muatan Positif + dan negatif - agar dapat aktif. Sesaat setelah kita starter maka posisi platina akan menutup sehingga terminal - mendapatkan aliran muatan - . darimana muatan negatif ini muncul? dari body platina itu. ketika platina pada posisi menutup artinya muatan negatif- atau yang sering kita sebut massa dalam bahasa awam, tersalurkan melalui kabel platina menuju koil, sehingga koil aktif dan mengahsilkan lompatan "api" ke busi.

Bagaimana koil dapat membuat lompatan api yang besar dengan memanfaatkan sumber yang kecil (12V) ?????

Dengan memanfaatkan Hukum Faraday yaitu perubahan medan magnet pada kumparan (spul pengapian) akan menghasilkan aliran listrik pada kumparan tersebut.

nah, sampai disini, artinya... besarnya medan magnet juga berpengaruh pada kualitas listrik.... (perlu di cek magnetnya...)

kondensor

medan magnet yang terjadi pada koil juga menghasilkan tegangan pada kumparan (spul pengapian) itu sendiri. tegangan ini terjadi ketika posisi Platina terbuka, apabila tegangan ini tidak di netralisasikan atau digrounded maka akan terjadi lompatan bungan api pada platina. Apabila ini terjadi maka dalam hitungan menit maka platina kita akan hangus dan habis terbakar, makanya kalau kondensornya rusak, mbrebet dech. selain itu ketika platina posisi terbuka kondensor menampung sementara tegangan tersebut, kemudian ketika platina menutup lagi tegangan tersebut akan dinetralisir atau di grounded lagi.

busi

berfungsi untuk melakukan pembakaran campuran bahan bakar udara dalam ruang bakar kendaraan, api melompat dari ujung elekroda busi ke ground busi sehingga terjadilah pembakaran.

ada beberapa kelemahan (bawaan sejak lahir) dari platina yaitu :
- bisa haus (bantalannya) yang mengakibatkan berkurangnya pasok listrik ke koil

- Keterbatasan pada rpm tinggi dikarenakan masih mengharapkan kemampuan mekanik pegas

- klo pas dingin bisa berembun, yang berakibat mesin sukar untuk dihidupkan


-



ikut tanya ya bro...


1. kumparan / spull, klo dari obrolan ma mekanik di bengkel, kata nya ada 2 macam, 6 volt dan 12 volt. trus waktu nanya ke mekanik lain, dia bilang cuma ada yg 6 volt, klo mau di jadiin 12 volt tinggal di dobelin. benar kah?

2. platina, brarti klo si semok klamaan parkir n kehujanan, bukan karna busi nya dingin, tapi platinanya berembun?[b]

mohon pencerahannya, soalnya ane tidak lihai dalam hal permesinan, seringnya cuma ngikut2 kata orang aja.
Kembali Ke Atas Go down
ino.ss90
Bikers


Jumlah posting: 140
Age: 35
Localisation: bekasi-barat
Registration date: 09.11.09

PostSubyek: Re: Cangkok kondensor ,,, pengapian bagus ??   Thu 1 Jul 2010 - 12:49

Ignsp wrote:
semakin menjurus dan memberikan gambaran yang jelas.
tapi ada baiknya kalau yang ahli kupas cirkuit electricalnya, gambar dan tenaga yang dihasilkan dan fungsi kerjanya dan kekurangannya sehingga bisa di jadikan acuan yg baik
iya mas bro kl bs tlg ksh schema.elektrik nya.maklum msh awam
Kembali Ke Atas Go down
ade_adjie
Bikers


Jumlah posting: 126
Age: 31
Localisation: Setiabudhi - Bandung
Registration date: 13.05.10

PostSubyek: Re: Cangkok kondensor ,,, pengapian bagus ??   Thu 1 Jul 2010 - 16:55

toea_gila wrote:
nimbrung ngasih pendapat dong...

dari yang gua dapat dari pengalaman pribadi, untuk mendapatkan pengapian yang baik tergantung dari beberapa hal. untuk itu... kita harus tau gimana cara kerja, gini...

Pada dasarnya koil membutuhkan setrum muatan Positif + dan negatif - agar dapat aktif. Sesaat setelah kita starter maka posisi platina akan menutup sehingga terminal - mendapatkan aliran muatan - . darimana muatan negatif ini muncul? dari body platina itu. ketika platina pada posisi menutup artinya muatan negatif- atau yang sering kita sebut massa dalam bahasa awam, tersalurkan melalui kabel platina menuju koil, sehingga koil aktif dan mengahsilkan lompatan "api" ke busi.

Bagaimana koil dapat membuat lompatan api yang besar dengan memanfaatkan sumber yang kecil (12V) ?????

Dengan memanfaatkan Hukum Faraday yaitu perubahan medan magnet pada kumparan (spul pengapian) akan menghasilkan aliran listrik pada kumparan tersebut.

nah, sampai disini, artinya... besarnya medan magnet juga berpengaruh pada kualitas listrik.... (perlu di cek magnetnya...)

kondensor

medan magnet yang terjadi pada koil juga menghasilkan tegangan pada kumparan (spul pengapian) itu sendiri. tegangan ini terjadi ketika posisi Platina terbuka, apabila tegangan ini tidak di netralisasikan atau digrounded maka akan terjadi lompatan bungan api pada platina. Apabila ini terjadi maka dalam hitungan menit maka platina kita akan hangus dan habis terbakar, makanya kalau kondensornya rusak, mbrebet dech. selain itu ketika platina posisi terbuka kondensor menampung sementara tegangan tersebut, kemudian ketika platina menutup lagi tegangan tersebut akan dinetralisir atau di grounded lagi.

busi

berfungsi untuk melakukan pembakaran campuran bahan bakar udara dalam ruang bakar kendaraan, api melompat dari ujung elekroda busi ke ground busi sehingga terjadilah pembakaran.

ada beberapa kelemahan (bawaan sejak lahir) dari platina yaitu :
- bisa haus (bantalannya) yang mengakibatkan berkurangnya pasok listrik ke koil

- Keterbatasan pada rpm tinggi dikarenakan masih mengharapkan kemampuan mekanik pegas

- klo pas dingin bisa berembun, yang berakibat mesin sukar untuk dihidupkan


-

Manstabh tenan.... bro yg satu ini jagonya ke setrum....... lol! lol! lol! lol!
Kembali Ke Atas Go down
toea_gila
Vespa Raiders


Jumlah posting: 315
Registration date: 13.07.07

PostSubyek: Re: Cangkok kondensor ,,, pengapian bagus ??   Mon 5 Jul 2010 - 14:22

ikut tanya ya bro...


1. kumparan / spull, klo dari obrolan ma mekanik di bengkel, kata nya ada 2 macam, 6 volt dan 12 volt. trus waktu nanya ke mekanik lain, dia bilang cuma ada yg 6 volt, klo mau di jadiin 12 volt tinggal di dobelin. benar kah?

2. platina, brarti klo si semok klamaan parkir n kehujanan, bukan karna busi nya dingin, tapi platinanya berembun?[b]

mohon pencerahannya, soalnya ane tidak lihai dalam hal permesinan, seringnya cuma ngikut2 kata orang aja.

jawaban :

no. 1 -->> didalam semua motor, spul itu ada dua, spul untuk pengapian dan spul untuk listrik, termasuk pada vespa. spul untuk pengapian itu nggak bisa di double (seri atau paralel) kenapa...? karena tempat nya nggak cukup, kecuali anda nggak mau pake lampu alias spul untuk listriknya dihilangkan, tapi ini juga nggak direkomendasikan, karena coil juga mempunyai kapasitas... so kalau mau di double.. artinya coil juga diganti.

untuk spul listrik, di vespa memang ada yang 12 volt dan ada yang 6 volt, betul kata sang mekanik, untuk yang 6 volt bisa didouble menjadi 12 volt

no. 2 --> yup.. betul, pada saat kondisi dingin, ruang bakar vespa masih menyisakan oli pelumas, dan oli pelumas ini kalau terkena hawa dingin, maka ia akan sedikit membeku dan membuat mesin agak sulit untuk di hidupkan.
Kembali Ke Atas Go down
 

Cangkok kondensor ,,, pengapian bagus ??

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 2Pilih halaman : Previous  1, 2

 Similar topics

-
» aki bagus,tapi semua lampu indikator di speedometer gk ada yg nyala
» di mana ya bengkel vespa yang bagus di surakarta (solo)
» Mesin tidak nyala
» gak mau hidup
» Mau meningkatkan pengapian dan strum pada vespa..

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ikatan Vespa Indonesia ::  :: -