Forum Ikatan Vespa Indonesia

Tempat tukar Informasi para Vespamania Indonesia
 
IndeksIndeks  GalleryGallery  CalendarCalendar  FAQFAQ  PendaftaranPendaftaran  GroupGroup  Login  

Share | 
 

 mohon infonya broder..

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
vespaboy
Pemula
avatar

Jumlah posting : 19
Age : 34
Localisation : halim, jakarta timur
Registration date : 25.06.10

PostSubyek: mohon infonya broder..   Fri 2 Jul 2010 - 15:48

Ane pake vespa super th 76, kondisi mesin bloknya udah di korter smp M6, karbu pake spaco 24-24 tp spuyernya pake ukuran 85 (punya px).. biar ga boros2 amat, mengingat spuyer 24 -24 ukurannya 116. hahaha..

kondisi nya lumayan sehat plus enak tarikannya...

masalahnya sering nembak - nembak, busi udah di ganti, stelan karbu udah di seting..

setiap abis nembak pasti mati mesinnya..

platina, kondensor sm spulnya baru.

mohon wejangannya gan, supaya vespa ane ga batuk lagi..

thx
Kembali Ke Atas Go down
vespa_maker
Vespa Team Bronze
avatar

Jumlah posting : 2228
Age : 45
Localisation : Kemang Timur 86
Registration date : 27.06.08

PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   Fri 2 Jul 2010 - 16:10

bila paltina, condensor & spul sudah kondisi baru
coba perhatikan nembaknya pada bagian karbu apa mesin..??
buka tutup karbu & gas naik (kenceng)
bisa juga nembak karena tekor suplay bensin, mengingat pake karbu 24/24. jadi stelan spuyer harus disesuaikan.



Kembali Ke Atas Go down
http://www.vespamaker.co.cc
Laretha
Vespa Raiders


Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   Fri 2 Jul 2010 - 16:59

vespaboy wrote:
Ane pake vespa super th 76, kondisi mesin bloknya udah di korter smp M6, karbu pake spaco 24-24 tp spuyernya pake ukuran 85 (punya px).. biar ga boros2 amat, mengingat spuyer 24 -24 ukurannya 116. hahaha..

Spuyer karbu 24-24 untuk PX 200 standarnya adalah 118/55.
Spuyer karbu 24-24 untuk T5 standarnya adalah 110/50.
Sedangkan PX 150, karbu 20-20, spuyer standarnya adalah 102/48.

Jadi, jangankan untuk karbu 24-24,
untuk karbu 20-20pun, main jet ukuran 85 tsb kesannya terlalu dipaksakan.

Coba deh pake spuyer standarnya.
Dengan pemakaian standar/normal, apakah betul spuyer kecil menjadi lebih hemat ??
Coba bandingkan; dan hasil ujicoba mungkin akan mengejutkan.
Kembali Ke Atas Go down
ade_adjie
Bikers
avatar

Jumlah posting : 126
Age : 34
Localisation : Setiabudhi - Bandung
Registration date : 13.05.10

PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   Fri 2 Jul 2010 - 19:13

Laretha wrote:
vespaboy wrote:
Ane pake vespa super th 76, kondisi mesin bloknya udah di korter smp M6, karbu pake spaco 24-24 tp spuyernya pake ukuran 85 (punya px).. biar ga boros2 amat, mengingat spuyer 24 -24 ukurannya 116. hahaha..

Spuyer karbu 24-24 untuk PX 200 standarnya adalah 118/55.
Spuyer karbu 24-24 untuk T5 standarnya adalah 110/50.
Sedangkan PX 150, karbu 20-20, spuyer standarnya adalah 102/48.

Jadi, jangankan untuk karbu 24-24,
untuk karbu 20-20pun, main jet ukuran 85 tsb kesannya terlalu dipaksakan.

Coba deh pake spuyer standarnya.
Dengan pemakaian standar/normal, apakah betul spuyer kecil menjadi lebih hemat ??
Coba bandingkan; dan hasil ujicoba mungkin akan mengejutkan.


Betul..... spuyer kecil ga menjamin jadi irit, malah jadi lebih boros, karena gas sering ditarik lantaran pengin lari tapi malah jadi mlempem, alhasil gas ditarik sekenceng2nya tp ga lari2, sedangkan bensin terus ngalir..... dan akhirnya boros juga kan?!

lebih baik standard aja.... lebih enak dan aman.....

ibarat lari maraton 50 KM cuman dikasih minum segelas..... Sad Sad Sad

bukan begitu brader2?!

maap klo salah... hhehehehe Embarassed Embarassed Embarassed Embarassed
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
avatar

Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   Sat 3 Jul 2010 - 12:00

spuyer diatas 100 sepertinya tidak berlaku disaya..

untuk vespaboy ada baiknya anda mengganti karbu anda ke ukuran 20-20 bawaan vespa anda dengan spuyer 90 ini sudah cukup irit selama ada jangan terlalu sering berlari diatas 80kmh, sedang masalah pada mesin anda disebabkan spuyer terlalu kecil atau setelan platina anda tidak pas

ps: spaco 24-24 adalah produk imitasi yang paling gagal, karena sangat sulit menyetelnya untuk irit tetapi masih bisa berlari kencang kecuali anda bisa mendapatkan karbu 24-24 px 200/spartan ini akan membuat hidup anda lebih mudah

ps2: spuyer dengan ukuran 90 bila dipakai untuk kebut-kebutan memang menuntut kita untuk sangat halus dan rapi dalam mengurut bukaan gas tetapi efek positif terbesar yang saya rasakan adalah umur mesin saya lebih awet dan getaran mesin saya tidak terlampau besar ketimbang saya menanamkan spuyer ukuran lebih besar dengan harapan respon gas lebih agresif

ps3: kelihaian tangan kiri lebih diperlukan pada waktu anda kebut-kebutan liar ataupun pada sirkuit resmi dengan vespa dibanding kelihaian tangan kanan
Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders


Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   Sat 3 Jul 2010 - 13:42

ade_adjie wrote:

Betul..... spuyer kecil ga menjamin jadi irit, malah jadi lebih boros, karena gas sering ditarik lantaran pengin lari tapi malah jadi mlempem, alhasil gas ditarik sekenceng2nya tp ga lari2, sedangkan bensin terus ngalir..... dan akhirnya boros juga kan?!

lebih baik standard aja.... lebih enak dan aman.....

ibarat lari maraton 50 KM cuman dikasih minum segelas..... Sad Sad Sad

bukan begitu brader2?!

maap klo salah... hhehehehe Embarassed Embarassed Embarassed Embarassed

Secara umum memang lebih baik yang standar,
karena insinyur-insinyur jenius yang menciptakan vespa sudah memperhitungkannnya,
yaitu mencapai balans yang terbaik antara kinerja dan nilai ekonomisnya.

Memang demi lebih ekonomis ada yang tidak menyukai yang standar,
sehingga misalnya memakai spuyer yang lebih kecil; bahkan lebih kecil beberapa tahap.
Namun pada umumnya, selain memperkecil spuyer,
biasanya menuntut penyesuaian juga pada bagian tertentu,
misalnya dengan menipiskan kop silinder.

Jadi memang kembali kepada selera masing-masing, senang yang mana.
Ada orang yang kalo ngomong pemakaian oli, ngotot mengatakan harus yang sesuai dengan buku panduan (yang standar),
tapi pada saat yang bersamaan ketika bicara soal karburator,
say no to buku panduan (yang standar).
Jadi ya emang begitulah,
kembali kepada selera dan kebutuhan kita masing-masing.

Hanya saja, yang standar (sesuai buku panduan) adalah kompromi terbaik
antara nilai ekonomis, kinerja, dan usia pemakaian.


Just my two cents.
Kembali Ke Atas Go down
kadal teler
Vespa Team Deluxe
avatar

Jumlah posting : 1214
Registration date : 01.04.09

PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   Sat 3 Jul 2010 - 18:42

koenig blues wrote:


ps: spaco 24-24 adalah produk imitasi yang paling gagal, karena sangat sulit menyetelnya untuk irit tetapi masih bisa berlari kencang kecuali anda bisa mendapatkan karbu 24-24 px 200/spartan ini akan membuat hidup anda lebih mudah


maap bos, memang karbu spaco yang beredar di indonesia banyak sekali macamnya.. kebetulan saya juga pake karb spaco yang 24-24 (asli spaco) sama yang 26-26(asli spaco)
yang saya dapatkan adalah, seting lebih mudah dari karbu merk lain atau spaco yang KW. kalo sama dellorto ya hampir mirip.
selain itu parbedaan antara karbu spaco yang asli sama yang KW sangatlah tipis.. tapi bila disejajarkan akan kelihatan dari jenis bahan, berat dan model spuyernya.

VESPABOY.. sebenarnya semua tergantung sama mekaniknya om.. biasanya penggantian karbu yang lebih besar disesuaikan sama kondisi atau permintaan dari ruang bakar atau lebih enaknya tergantung kondisi mesin. kalaoupun kondisi mesin biasa( maaf.bukan korekan) meskipun di ganti karbu yang lebih besar hanya mengefek pada keborosan bensin dan susah setingnya. bisa-bisa malah gak lari om..
coba cek dari karbunya aja om....
mungkin gak sebanding antara suplay bensin sama kebutuhan mesinnya...
(mohon di luruskan jika kurang bener atau salah, maklum pengalaman pribadi saja) heheheheee piiiissss
Kembali Ke Atas Go down
pepen
Vespa Team GOLD


Jumlah posting : 8989
Age : 34
Registration date : 03.05.08

PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   Sat 3 Jul 2010 - 19:05

lha yg betul perbandingan suply bensin ama setelan angin dikarbu itu bgm.. jika kondisi seher udah korekan bro fai...? gmn tuh cara nyetingnya...?
monggo.....
Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders


Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   Sat 3 Jul 2010 - 21:56

Sekalian numpang nanya.

Vespa sy mesinnya standar abizz.
Kalo karbunya yang 20-20 sy ganti dengan 24-24 kualitas bagus,
apakah betul efeknya cenderung ke boros bensin (negatif) ?
Apakah tidak bisa dibuat menjadi lebih mumpuni dengan penggantian karbu tsb ?

Sy tanyakan hal tsb karena T5 kan dikenal sakti sekalipun cc-nya standar ajah.
Nah, saktinya T5 tsb apakah karena pemasangan karbu 24-24,
ataukah memang karena memiliki konstruksi mesin yang berbeda ?



Ditunggu pencerahannya.
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
avatar

Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   Mon 5 Jul 2010 - 12:11

Laretha wrote:
Sekalian numpang nanya.

Vespa sy mesinnya standar abizz.
Kalo karbunya yang 20-20 sy ganti dengan 24-24 kualitas bagus,
apakah betul efeknya cenderung ke boros bensin (negatif) ?
Apakah tidak bisa dibuat menjadi lebih mumpuni dengan penggantian karbu tsb ?

Sy tanyakan hal tsb karena T5 kan dikenal sakti sekalipun cc-nya standar ajah.
Nah, saktinya T5 tsb apakah karena pemasangan karbu 24-24,
ataukah memang karena memiliki konstruksi mesin yang berbeda ?



Ditunggu pencerahannya.

T5 melegenda karena walaupun hanya 125 cc tapi berkemampuan sama dengan 200cc, semuanya dikarenakan pada blok mesinnya ada 5 buah lubang bilas Evil or Very Mad karena itu dinamakan T5 karena ada 5 port bukannya 3 seperti pada px 150/ sprint atau spartan 200 cc / px 200/ excel 200

ps: hati-hati membeli karbu aftermarket karena andaipun ada yang bagus seperti yang dikatakan bung kadal teler tetapi kalau anda tidak tahu perbedaan antara yang bagus seperti dikatakan bung kadal teler dengan kw maka usahakan mencari karbu 24-24 dell orto copotan dari vespa p200 atau excel 200


Kembali Ke Atas Go down
ridobrown
Vespa Team Bronze
avatar

Jumlah posting : 2490
Age : 45
Localisation : http://hotel-forsale.blogspot.com
Registration date : 03.07.07

PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   Mon 5 Jul 2010 - 12:37

apakah ini yang asli..?? del orto nya..? atau kombinasi..??



tampak atas
Kembali Ke Atas Go down
http://ridobrown.wordpress.com
koenig blues
Vespa Team Deluxe
avatar

Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   Mon 5 Jul 2010 - 12:57

ridobrown wrote:
apakah ini yang asli..?? del orto nya..? atau kombinasi..??



tampak atas
harusnya yang asli seperti ini
Kembali Ke Atas Go down
ridobrown
Vespa Team Bronze
avatar

Jumlah posting : 2490
Age : 45
Localisation : http://hotel-forsale.blogspot.com
Registration date : 03.07.07

PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   Mon 5 Jul 2010 - 13:53

gini bro... ada pemahaman di dunia nyata... bahwa karbu yang asli itu adalah yang.. ..... sebagai gambaran ini saya berikan yang menjadi ciri-ciri karbu asli atau tidaknya...



jawaban ini bisa menjadi referensi untuk teman-teman dalam membeli karburator 24/24 del orto yang asli... dengan mengacu kepada manual book vespa atau danmotor, bisa juga dari bukti bawaan asli dari vespa yang menggunakan karbu bawaan asli 24/24
Kembali Ke Atas Go down
http://ridobrown.wordpress.com
bungharno
Vespa Team Deluxe
avatar

Jumlah posting : 1136
Age : 38
Localisation : jogja
Registration date : 16.07.09

PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   Mon 5 Jul 2010 - 14:43

ridobrown wrote:
gini bro... ada pemahaman di dunia nyata... bahwa karbu yang asli itu adalah yang.. ..... sebagai gambaran ini saya berikan yang menjadi ciri-ciri karbu asli atau tidaknya...



jawaban ini bisa menjadi referensi untuk teman-teman dalam membeli karburator 24/24 del orto yang asli... dengan mengacu kepada manual book vespa atau danmotor, bisa juga dari bukti bawaan asli dari vespa yang menggunakan karbu bawaan asli 24/24
jadi binung neh yang asli yang mana ya, kalo merasa asli tolong keluar dong.
Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders


Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   Mon 5 Jul 2010 - 15:05

koenig blues wrote:

T5 melegenda karena walaupun hanya 125 cc tapi berkemampuan sama dengan 200cc, semuanya dikarenakan pada blok mesinnya ada 5 buah lubang bilas Evil or Very Mad karena itu dinamakan T5 karena ada 5 port bukannya 3 seperti pada px 150/ sprint atau spartan 200 cc / px 200/ excel 200

ps: hati-hati membeli karbu aftermarket karena andaipun ada yang bagus seperti yang dikatakan bung kadal teler tetapi kalau anda tidak tahu perbedaan antara yang bagus seperti dikatakan bung kadal teler dengan kw maka usahakan mencari karbu 24-24 dell orto copotan dari vespa p200 atau excel 200


O, jadi faktor utamanya bukan di karburator, melainkan di konstruksi mesin.

Tengs buat penjelasannya.
Kembali Ke Atas Go down
vespaboy
Pemula
avatar

Jumlah posting : 19
Age : 34
Localisation : halim, jakarta timur
Registration date : 25.06.10

PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   Mon 5 Jul 2010 - 15:18

oke agan - agan saya setubuh dengan masukannya.. thx bradar

langsung laksanakan ganti karbu 20-20 sama spuyernya...

smoga vespa wasiat saya ga batuk lagi.. uhuk.. uhuuk... maap gan itu saya yng batuk.. Very Happy

utk kang koenig and the bradar lain thx kang pencerahannya, sungguh menggugah bathin saya hahahaa...

utk kang onix vespa maker, thx kang utk malem minggunya hahahaaa.

salam,
Vespaboy
Kembali Ke Atas Go down
vespa_maker
Vespa Team Bronze
avatar

Jumlah posting : 2228
Age : 45
Localisation : Kemang Timur 86
Registration date : 27.06.08

PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   Mon 5 Jul 2010 - 16:04

Ok bro, kapan-kapan mampir lagi
Salam
Kembali Ke Atas Go down
http://www.vespamaker.co.cc
vespaboy
Pemula
avatar

Jumlah posting : 19
Age : 34
Localisation : halim, jakarta timur
Registration date : 25.06.10

PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   Mon 5 Jul 2010 - 16:37

vespa_maker wrote:
Ok bro, kapan-kapan mampir lagi
Salam

Pasti kang onix.... nanti saya bawa pasukan kang.. hahaha
Kembali Ke Atas Go down
axeldead
Vespa Raiders
avatar

Jumlah posting : 296
Age : 27
Localisation : Jakarta Selatan tepatnya Cipete Utara
Registration date : 27.12.07

PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   Tue 6 Jul 2010 - 15:21

wah info bagussssss What a Face jadi tau dan dapat ilmu Laughing
Kembali Ke Atas Go down
http://axelbalnazzar.blogspot.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: mohon infonya broder..   

Kembali Ke Atas Go down
 
mohon infonya broder..
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» MOHON BANTUANNYA
» Tipe Batok/Kepala vespa apa nih gan? Mohon petunjuknya...
» mohon bantuan sharing agan"

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ikatan Vespa Indonesia :: Otomotif :: Perbengkelan-
Navigasi: