Forum Ikatan Vespa Indonesia

Tempat tukar Informasi para Vespamania Indonesia
 
IndeksIndeks  GalleryGallery  CalendarCalendar  FAQFAQ  PendaftaranPendaftaran  GroupGroup  Login  

Share | 
 

 minta tips buat cegah karat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
erwin oce
Pemula


Jumlah posting : 20
Localisation : muara baru 96235017
Registration date : 21.09.10

PostSubyek: minta tips buat cegah karat   Wed 22 Sep 2010 - 15:32

sohib semua mohon bantuannya nih,,klo bengkel cat yang bagus dekat muara baru-penjaringan yang dekat rumah dimana ya?trus motor kan tinggal dideket laut dan suka -ga sering sih- kena air laut,,kira2 klo dah dicat ulang bisa karatan ga tuh,,atau ada cara lain buat nyegah karat ga,,,kacian vespa ane klo karatan Crying or Very sad ,,,thanx infonya,,pissss ahh
Kembali Ke Atas Go down
toea_gila
Vespa Raiders
avatar

Jumlah posting : 315
Registration date : 13.07.07

PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   Wed 22 Sep 2010 - 16:35

erwin oce wrote:
sohib semua mohon bantuannya nih,,klo bengkel cat yang bagus dekat muara baru-penjaringan yang dekat rumah dimana ya?trus motor kan tinggal dideket laut dan suka -ga sering sih- kena air laut,,kira2 klo dah dicat ulang bisa karatan ga tuh,,atau ada cara lain buat nyegah karat ga,,,kacian vespa ane klo karatan Crying or Very sad ,,,thanx infonya,,pissss ahh

klo menurut gua sich, yang namanya air laut / air hujan memang cukup keras, dalam arti dapat membuat karat. penggunaan cat berfungsi menutup agar permukaan tidak secara langsung terkena sehingga proses karat dapat dicegah. biasanya para bengkel cat memberikan poxy pada bagian yang paling sering terkena air, seperti di bawah dek, bawah spakbor.

saran gua, kalau mau benar-benar anti karat gampang, coba ente terapkan cat dan poxy yang biasa digunakan pada kapal.
Kembali Ke Atas Go down
Vinic & Vespa
Vespa Team GOLD
avatar

Jumlah posting : 5937
Localisation : old trafford
Registration date : 28.06.08

PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   Wed 22 Sep 2010 - 19:19

dulu saya juga sering bermasalah dengan ini
tapi di bengkel kami sekarang pakai linkold (maaf kalo salah penulisan)
semacam cairan kental seperti aspal, dilapisi pada bawah dek dan spakbor
kalo terkena lumpur asal disiram air pasti luntur kotoran yg menempel
dan bertahan sampai tahunan tergantung perawatan

kalo IIR Bae (king Blues Scooter) pengendara scooter dari Palembang
pernah mampir di sini, dia malah melapisi semua body vespa
yang tadi kalengan dengan meni buat kapal
hasilnya bertahun tahun bebas karat keliling Indonesia
Kembali Ke Atas Go down
erwin oce
Pemula


Jumlah posting : 20
Localisation : muara baru 96235017
Registration date : 21.09.10

PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   Fri 24 Sep 2010 - 11:03

thanx banget atas infonya mas,,punten dulu ah cheers
Kembali Ke Atas Go down
ridobrown
Vespa Team Bronze
avatar

Jumlah posting : 2490
Age : 45
Localisation : http://hotel-forsale.blogspot.com
Registration date : 03.07.07

PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   Fri 24 Sep 2010 - 15:05

erwin oce wrote:
thanx banget atas infonya mas,,punten dulu ah cheers

saya dulu pernah tinggal di penjaringan.. tepatnya tanah pasir.... nt muara baru-nya deket mana..?? apa di dekat pasar?
Kembali Ke Atas Go down
http://ridobrown.wordpress.com
erwin oce
Pemula


Jumlah posting : 20
Localisation : muara baru 96235017
Registration date : 21.09.10

PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   Mon 27 Sep 2010 - 15:50

ridobrown wrote:
erwin oce wrote:
thanx banget atas infonya mas,,punten dulu ah cheers

saya dulu pernah tinggal di penjaringan.. tepatnya tanah pasir.... nt muara baru-nya deket mana..?? apa di dekat pasar?

ane di tembok bolong bang,,ganti,,salam kenal Basketball
Kembali Ke Atas Go down
vespasuper72
Bikers
avatar

Jumlah posting : 73
Localisation : tangsel
Registration date : 25.09.09

PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   Tue 28 Sep 2010 - 11:39

meni bwt kapal tu apaan sih? ga paham
semacam vernis gitu bkn?
belinya dmn? hrgnya kasih tau dunk klo msh inget Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
avatar

Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   Tue 28 Sep 2010 - 13:54

saya pakai hummerton kapal 40 ribu 1 liter (cukup untuk 2 vespa) dan bertahan hingga lebih dari 5 tahun untuk menangkal karat
Kembali Ke Atas Go down
ridobrown
Vespa Team Bronze
avatar

Jumlah posting : 2490
Age : 45
Localisation : http://hotel-forsale.blogspot.com
Registration date : 03.07.07

PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   Tue 28 Sep 2010 - 14:18

koenig blues wrote:
saya pakai hummerton kapal 40 ribu 1 liter (cukup untuk 2 vespa) dan bertahan hingga lebih dari 5 tahun untuk menangkal karat

beli-nya di mane om.... ane biasanya paling top pake "Plinkote" beli di matrial alias toko bahan bangunan...
Kembali Ke Atas Go down
http://ridobrown.wordpress.com
koenig blues
Vespa Team Deluxe
avatar

Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   Tue 28 Sep 2010 - 14:29

plinkote sudah bagus tapi usahakan mencari yang under coating rz.. kalau untuk hammerton kapal saya biasanya mencari di toko cat yang bisa dibilang lengkap (toko 28, jl raya bogor, jakarta timur)
Kembali Ke Atas Go down
vespasuper72
Bikers
avatar

Jumlah posting : 73
Localisation : tangsel
Registration date : 25.09.09

PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   Wed 29 Sep 2010 - 8:36

mmg klo bkn plinkote under coating rz, jelek?

klo dibandingin hammerton ma plinkote bgs mana?
Kembali Ke Atas Go down
erwin oce
Pemula


Jumlah posting : 20
Localisation : muara baru 96235017
Registration date : 21.09.10

PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   Wed 29 Sep 2010 - 10:47

koenig blues wrote:
saya pakai hummerton kapal 40 ribu 1 liter (cukup untuk 2 vespa) dan bertahan hingga lebih dari 5 tahun untuk menangkal karat
cara makenya gmn boz??? thanx infonya cheers cheers
Kembali Ke Atas Go down
Vinic & Vespa
Vespa Team GOLD
avatar

Jumlah posting : 5937
Localisation : old trafford
Registration date : 28.06.08

PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   Wed 29 Sep 2010 - 10:59

vespasuper72 wrote:
meni bwt kapal tu apaan sih? ga paham
semacam vernis gitu bkn?
belinya dmn? hrgnya kasih tau dunk klo msh inget Very Happy
bukan vernis tapi semacam cat pelapis warna kecokelatan
kalo di sini gak perlu beli di toko (karena gak ada)
cukup ke pelabuahan kapal besar, cari ABK yg lagi kerja
terus ajak ngobrol, dari mana mas?? udah berapa lama di kapal??
setelah basa basi terus pura pura bayarin meni sisa yg masih di ember mereka
pasti di kasih, biasanya begitu trik orang di sini lol! lol!
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
avatar

Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   Wed 29 Sep 2010 - 11:35

vespasuper72 wrote:
mmg klo bkn plinkote under coating rz, jelek?

klo dibandingin hammerton ma plinkote bgs mana?
kalau bukan undercoating tarnya kurang kuat menahan karat dari kotoran yang menempel dan mudah terkelupas/memudar setelah pemakaian beberapa lama, kalau untuk undercoating memang didesain mencengkram dengan kuat dan tidak mudah terkelupas atau memudar

kalau dibandingkan berdasarkan pengalaman saya, undercoating flinkote masih menimbulkan warna kuning merah karat dibagian yang menempel dengan baut dan standar tengah tetapi hanya kuning dipermukaan plinkote tidak masuk kelapisan dalam dan kadang butuh tenaga extra untuk membersihkannya, kalau hummerton itu seperti cat metalik tetapi kenyal cukup dibasuh maka kotoran bisa langsung hilang dan tidak mudah berubah warna walau bersinggungan dengan objek yang terkena karat

untuk cara memakainya bisa dioleskan dengan kuas atau disemprot menggunakan kompresor setelah diencerkan terlebih dahulu dengan thinner, kelemahan hummerton adalah terlalu kenyal dan lengket serta baru bisa benar2 kering setelah 2 minggu

kalau sudah kering hal seperti ini bukan masalah untuk vespa saya



Kembali Ke Atas Go down
vespasuper72
Bikers
avatar

Jumlah posting : 73
Localisation : tangsel
Registration date : 25.09.09

PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   Wed 29 Sep 2010 - 19:37

thx bwt pr dedengkot vespa Very Happy yg uda menularkan ilmunya pd sy
skrg sy jd lbh paham

@blueskuning
berarti motornya ga dipake selama 2 minggu? ato ati2 agar ga kena air?
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
avatar

Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   Thu 30 Sep 2010 - 11:43

tetap saya pakai untuk berangkat kerja, sejatinya hammerton itu menempel kuat sekali karena kenyal agak lama keras tetapi normalnya bisa langsung dipakai kok vespanya tanpa menunggu benar-benar kering, hanya saja saya sedikit extreme Sad bukannya bagian kolong bawah dan ruang dibawah tangki saya yang saya semprot dengan hummerton tetapi semua bagian vespa yang akan di cat Embarassed dan karena saya tidak sabaran maka vespanya saya bawa jalan selama 2 minggu dengan bermodalkan hummerton sebagai pengganti cat (selama 2 minggu inilah saya sangat berhati-hati membawa vespa bukan karena takut lecet tapi saya takut hummertonnya ada yang menempel di pakaian saya)




Kembali Ke Atas Go down
vespasuper72
Bikers
avatar

Jumlah posting : 73
Localisation : tangsel
Registration date : 25.09.09

PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   Thu 30 Sep 2010 - 23:58

ga mempengaruhi kualitas cat ya bro

berarti lapisannya
hammerton, poxy, dempul, vernis
byk jg ya
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
avatar

Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   Fri 1 Oct 2010 - 10:20

hanya hummerton dan poxy karena saya benci dempul Embarassed hasil akhir sama sekali tidak mempengaruhi kualitas cat dan pernish saya
Kembali Ke Atas Go down
ch1ps
Pemula


Jumlah posting : 35
Registration date : 31.05.10

PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   Sat 9 Oct 2010 - 11:13

wah klo saya pake meni yg biasanya dipake buat lapisan baja kontruksi.
ga tau deh namanya apa.

klo pengalaman pakai plinkote, dulu vespanya adik pake plinkote, ketika catnya dah pada nglontok, eh bagian bawah floordeck yg ber-plinkote malah masih utuh.malah jadinya susah banget buat nglupasnya.hehehe..
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: minta tips buat cegah karat   

Kembali Ke Atas Go down
 
minta tips buat cegah karat
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» WTB: nyari jok depan buat vespa tua
» wtb karet buat stoplamp vbb
» WTA : Cara membuat caram depan vespa PX
» apakah super 77 cocok untuk dibuat roadrace?
» nyari knalpot racing

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ikatan Vespa Indonesia :: Otomotif :: Perbengkelan-
Navigasi: