Forum Ikatan Vespa Indonesia

Tempat tukar Informasi para Vespamania Indonesia
 
IndeksIndeks  GalleryGallery  CalendarCalendar  FAQFAQ  PendaftaranPendaftaran  GroupGroup  Login  

Share | 
 

 tips pengecatan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
sii ca'ur
Bikers


Jumlah posting : 60
Age : 21
Localisation : kunciran - pinang - tangerang
Registration date : 21.12.10

PostSubyek: tips pengecatan   Wed 22 Dec 2010 - 18:03

Tahap pengecatan



1.ampelas bagian yg ingin di cat menggunakan ampelas ukuran 800,kemudian dihaluskan menggunakan ampelas ukuran 1000

2.cuci dengan air ,kemudian lap dengan (kaos),lalu keringkan di bawah terik matahari

3.dasari dengan epoxy, jangan terlalu tipis jangan terlalu tebal (camp.epoxy,hardener,tiner A),dan jemur

4.kemudian masuk pada tahap pengecatan menggunakan cat dasar putih/silver,abu-abu(camp.cat dasar,tiner acrylic)dan jemur

5.jika sudah kering ampelas tipis tipis menggunakan ampelas ukuran 1200

6.kemudian masuk pada pewarnaan, pilih warna yg di inginkan (camp.cat,tiner)
Di usahakan sampai 4x lapis agar warna yg di hasilkan max.

7.jika kering(lap), masuk pada tahap pernis, pilih pernis yg bermutu dan semprot 3-5 lapis dan warna di tentukan oleh pernis (camp.pernis,tiner acrylic).dan jemur

8.merk cat bias lenosal/blinken/sickens/spieshecker

9.usahakan gunakan 1 merk dalam pemilihan epoxy-tiner-cat-pernis








maaf kalo belom sempurna
Kembali Ke Atas Go down
ashari_Scott.
Vespa Team Junior


Jumlah posting : 597
Age : 67
Registration date : 13.10.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Wed 22 Dec 2010 - 20:32

Cat body vespa

Urutanya dapat dibuat sebagai berikut:
1. Kerok abis pake api.
2. Centerin leher tengah dengan tatakan jok, sayap kanan-kiri dengan jok. Caranya, pake balok ama dongkrak. Lihat berapa ulir dongkrak, masing-masing harus sama. Cara ini hanya jika Anda mengganti dek.
3. Setelah di kerok, lapis anti karat sebanyak 2 kali. Usahan satu merk, dengan cat.
4. Setelah kering, lapis dengan epoxi, sebanyak 2 lapis. Tunggu sampai seminggu. Kenapa? karena epoxi kalo di diamkan semakin lama, semakin menyatu dengan pelat.
5. Setelah itu naik depul. Ingat, hanya utk bagian yang cekung. Sebelumnya, tutup dulu nat (garis-garis pada body), nat hidung, nat pinggul belakang dengan benang kasur. Tujuanya, agar nat tetap dalam.
6. Selanjutnya pengamplesan, 250-400-1000, jangan lupa sambil diguyur air, bukan dengan ampelas di celup terus digosok.
7. Lapis dengan epoxi tahap 2, sebanyak 2 lapis.
8. Seminggu kemudian, lapis dengan meni merah.
9. Lapis dengan cat dasar, abu-abu untuk warna terang, merah bata untuk warna gelap dan metalik.
10. Siram dengan cat warna, dengan lapisan yang berbeda. Bagian boks kanan-kiri 5 lapis, dek 5 lapis, pinggul 4 lapis, hidung depan 4 lapis, bagian bawah 4 lapis, bagian dalam sepatborad dan engine room 4 lapis. kenapa? Vespa itu membulat, bukan kayak pelat rata. Jadi saat tertimpa cahaya, permukaanya akan menerima intensitas dengan kadar yang berbeda.
11. Kalau sudah kering, lapis dengan pernis, dengan komposisi yang sama seperti langkah 10.
12. Lapisan vernis yang telah benar2 kering, bisa dikompon kalau mau timbul efek cermin. Tapi, kalo mau efek brintik, sebaiknya jangan dikompon.
13. Perhatikan hal2 berikut;
a. Sebelum mengepoxi tangki, jemur di terik matahari. Lap dengan thiner, jangan tunggu sampai adem, langsung aja. Cara ini membuat epoxi menjadi keras, sehingga cat gak mudah belang saat terkena bensin.
b. Jangan pernah pake flingkot untuk bagian bawah dek. Flingkoat terbuat dari karet. Lontaran kerikil dan pasir, bisa membuatnya jadi kasar, dan bolong2.

Langkahnya emang panjang, tetapi meminimkan dempul, yang otomatis meninimkan retak.
Kembali Ke Atas Go down
Arifsugie08
Vespa Team Deluxe


Jumlah posting : 1279
Age : 30
Localisation : Tebet, kadang di jogja
Registration date : 12.01.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Thu 23 Dec 2010 - 1:45

ashari_Scott. wrote:
Cat body vespa

Urutanya dapat dibuat sebagai berikut:
1. Kerok abis pake api.
2. Centerin leher tengah dengan tatakan jok, sayap kanan-kiri dengan jok. Caranya, pake balok ama dongkrak. Lihat berapa ulir dongkrak, masing-masing harus sama. Cara ini hanya jika Anda mengganti dek.
3. Setelah di kerok, lapis anti karat sebanyak 2 kali. Usahan satu merk, dengan cat.
4. Setelah kering, lapis dengan epoxi, sebanyak 2 lapis. Tunggu sampai seminggu. Kenapa? karena epoxi kalo di diamkan semakin lama, semakin menyatu dengan pelat.
5. Setelah itu naik depul. Ingat, hanya utk bagian yang cekung. Sebelumnya, tutup dulu nat (garis-garis pada body), nat hidung, nat pinggul belakang dengan benang kasur. Tujuanya, agar nat tetap dalam.
6. Selanjutnya pengamplesan, 250-400-1000, jangan lupa sambil diguyur air, bukan dengan ampelas di celup terus digosok.
7. Lapis dengan epoxi tahap 2, sebanyak 2 lapis.
8. Seminggu kemudian, lapis dengan meni merah.
9. Lapis dengan cat dasar, abu-abu untuk warna terang, merah bata untuk warna gelap dan metalik.
10. Siram dengan cat warna, dengan lapisan yang berbeda. Bagian boks kanan-kiri 5 lapis, dek 5 lapis, pinggul 4 lapis, hidung depan 4 lapis, bagian bawah 4 lapis, bagian dalam sepatborad dan engine room 4 lapis. kenapa? Vespa itu membulat, bukan kayak pelat rata. Jadi saat tertimpa cahaya, permukaanya akan menerima intensitas dengan kadar yang berbeda.
11. Kalau sudah kering, lapis dengan pernis, dengan komposisi yang sama seperti langkah 10.
12. Lapisan vernis yang telah benar2 kering, bisa dikompon kalau mau timbul efek cermin. Tapi, kalo mau efek brintik, sebaiknya jangan dikompon.
13. Perhatikan hal2 berikut;
a. Sebelum mengepoxi tangki, jemur di terik matahari. Lap dengan thiner, jangan tunggu sampai adem, langsung aja. Cara ini membuat epoxi menjadi keras, sehingga cat gak mudah belang saat terkena bensin.
b. Jangan pernah pake flingkot untuk bagian bawah dek. Flingkoat terbuat dari karet. Lontaran kerikil dan pasir, bisa membuatnya jadi kasar, dan bolong2.

Langkahnya emang panjang, tetapi meminimkan dempul, yang otomatis meninimkan retak.
lol!
Kembali Ke Atas Go down
FarisAR
Pemula


Jumlah posting : 32
Registration date : 28.06.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Thu 23 Dec 2010 - 9:53

Mantab teorinya.

Semoga bisa dipraktekan.
Kembali Ke Atas Go down
sii ca'ur
Bikers


Jumlah posting : 60
Age : 21
Localisation : kunciran - pinang - tangerang
Registration date : 21.12.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Tue 28 Dec 2010 - 11:36

kira" bermodalkan berapa duit kita bisa melakukan hal seprti itu, bang ashari ??
Kembali Ke Atas Go down
ashari_Scott.
Vespa Team Junior


Jumlah posting : 597
Age : 67
Registration date : 13.10.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Tue 28 Dec 2010 - 16:39

sii ca'ur wrote:
kira" bermodalkan berapa duit kita bisa melakukan hal seprti itu, bang ashari ??
itu semua kembali ke budget anda bbung....
jika kuat modal.a bisa beli cat.a yang lumayan bagus..
kalo nggk
paling pake cat tembok lol! lol! lol! lol!
nggk lah cat biasa
Kembali Ke Atas Go down
thetopan
Vespa Team Junior


Jumlah posting : 604
Age : 37
Localisation : Bandung - Jakarta - Padang - Yogyakarta
Registration date : 02.11.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Tue 28 Dec 2010 - 17:57

ow bgindang ya kk scratch
Kembali Ke Atas Go down
choky juga sukoy
Vespa Raiders


Jumlah posting : 263
Localisation : kuningan jakarta selatan
Registration date : 13.10.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Tue 28 Dec 2010 - 21:05

thetopan wrote:
ow bgindang ya kk scratch

iya boooo cincai deeeeh yu meroooong flower
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?id=1273821260
sii ca'ur
Bikers


Jumlah posting : 60
Age : 21
Localisation : kunciran - pinang - tangerang
Registration date : 21.12.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Wed 29 Dec 2010 - 8:36

kalo pake cat merek blinken kira" habis brp ???
untuk tahap pengecatan yg bang ashari sarankan
Kembali Ke Atas Go down
vespa_maker
Vespa Team Bronze


Jumlah posting : 2228
Age : 45
Localisation : Kemang Timur 86
Registration date : 27.06.08

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Wed 29 Dec 2010 - 16:23

kalo yang ini gimana, apa termasuk dalam tip & trik lol!

Kembali Ke Atas Go down
http://www.vespamaker.co.cc
choky juga sukoy
Vespa Raiders


Jumlah posting : 263
Localisation : kuningan jakarta selatan
Registration date : 13.10.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Wed 29 Dec 2010 - 21:53

vespa_maker wrote:
kalo yang ini gimana, apa termasuk dalam tip & trik lol!


saya rasa yang ini adalah safety ya kang...chooky jg punya kang tapi filter tabungnya uda g bisa di pakai..kalo topengnya mah masi ada tuuuh
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?id=1273821260
thetopan
Vespa Team Junior


Jumlah posting : 604
Age : 37
Localisation : Bandung - Jakarta - Padang - Yogyakarta
Registration date : 02.11.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Thu 30 Dec 2010 - 7:10

choky juga sukoy wrote:
vespa_maker wrote:
kalo yang ini gimana, apa termasuk dalam tip & trik lol!


saya rasa yang ini adalah safety ya kang...chooky jg punya kang tapi filter tabungnya uda g bisa di pakai..kalo topengnya mah masi ada tuuuh

topengnya beli dimana ya?

saya juga mau kaya yg dipake mas arif tuh..
Kembali Ke Atas Go down
ashari_Scott.
Vespa Team Junior


Jumlah posting : 597
Age : 67
Registration date : 13.10.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Thu 30 Dec 2010 - 7:29

vespa_maker wrote:
kalo yang ini gimana, apa termasuk dalam tip & trik lol!

bisa besar sebelah nie tangan... jika 1 motor pake semprotan nyamuk lol!
Kembali Ke Atas Go down
sii ca'ur
Bikers


Jumlah posting : 60
Age : 21
Localisation : kunciran - pinang - tangerang
Registration date : 21.12.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Thu 30 Dec 2010 - 13:48

kalo pake cat yang biasa brp ?
kalo pake cat yg bagus brp ?


tolong di perjelas brada..!!
Kembali Ke Atas Go down
Arifsugie08
Vespa Team Deluxe


Jumlah posting : 1279
Age : 30
Localisation : Tebet, kadang di jogja
Registration date : 12.01.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Thu 30 Dec 2010 - 19:48

vespa_maker wrote:
kalo yang ini gimana, apa termasuk dalam tip & trik lol!

Pahlawan Bertopeng....hahahahaha...
Kembali Ke Atas Go down
thetopan
Vespa Team Junior


Jumlah posting : 604
Age : 37
Localisation : Bandung - Jakarta - Padang - Yogyakarta
Registration date : 02.11.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Thu 30 Dec 2010 - 20:26

Arifsugie08 wrote:
vespa_maker wrote:
kalo yang ini gimana, apa termasuk dalam tip & trik lol!

Pahlawan Bertopeng....hahahahaha...

Penderita TBC Akut...
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe


Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Fri 31 Dec 2010 - 11:14

yang pasti bukan mamoru chiba didalam topeng itu Razz
Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders


Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Fri 31 Dec 2010 - 11:33

Arifsugie08 wrote:

Pahlawan Bertopeng....hahahahaha...
thetopan wrote:

Penderita TBC Akut...
koenig blues wrote:
yang pasti bukan mamoru chiba didalam topeng itu Razz


Coba kita perhatikan sekali lagi penampakannya affraid





Kembali Ke Atas Go down
Arifsugie08
Vespa Team Deluxe


Jumlah posting : 1279
Age : 30
Localisation : Tebet, kadang di jogja
Registration date : 12.01.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Fri 31 Dec 2010 - 17:25

Laretha wrote:
Arifsugie08 wrote:

Pahlawan Bertopeng....hahahahaha...
thetopan wrote:

Penderita TBC Akut...
koenig blues wrote:
yang pasti bukan mamoru chiba didalam topeng itu Razz


Coba kita perhatikan sekali lagi penampakannya affraid





apakah yang di balik topeng ini si tetsuo kurata yang legendaris buat anak anak tahun 90an ya?
Kembali Ke Atas Go down
thetopan
Vespa Team Junior


Jumlah posting : 604
Age : 37
Localisation : Bandung - Jakarta - Padang - Yogyakarta
Registration date : 02.11.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Fri 31 Dec 2010 - 17:45

Arifsugie08 wrote:
Laretha wrote:
Arifsugie08 wrote:

Pahlawan Bertopeng....hahahahaha...
thetopan wrote:

Penderita TBC Akut...
koenig blues wrote:
yang pasti bukan mamoru chiba didalam topeng itu Razz


Coba kita perhatikan sekali lagi penampakannya affraid





apakah yang di balik topeng ini si tetsuo kurata yang legendaris buat anak anak tahun 90an ya?

ooooooow tidak bisa..

(kapan nih mau ngecat, biar tak bantuin, bantuin ngelukis vespanya, hahaha)
Kembali Ke Atas Go down
ronniehusain
Bikers


Jumlah posting : 200
Age : 31
Localisation : semarang-temanggung-jogja-jakarta
Registration date : 25.02.09

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Fri 31 Dec 2010 - 17:56

sepertinya ada soosok kotaro minami di balik topeng ajaib ini.....
Kembali Ke Atas Go down
thetopan
Vespa Team Junior


Jumlah posting : 604
Age : 37
Localisation : Bandung - Jakarta - Padang - Yogyakarta
Registration date : 02.11.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Fri 31 Dec 2010 - 18:07

ronniehusain wrote:
sepertinya ada soosok kotaro minami di balik topeng ajaib ini.....

oooooooow tidak bisa..

di balik topeng itu pasti kotaro minami
Kembali Ke Atas Go down
fanatisscoot
Pemula


Jumlah posting : 16
Registration date : 15.04.09

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Sat 1 Jan 2011 - 23:37

thetopan wrote:
ronniehusain wrote:
sepertinya ada soosok kotaro minami di balik topeng ajaib ini.....

oooooooow tidak bisa..

di balik topeng itu pasti kotaro minami

nih pangeran bertopeng lagi belajar dari suhu

Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders


Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Sun 2 Jan 2011 - 9:47

Quote :

sepertinya ada soosok kotaro minami di balik topeng ajaib ini.....

Quote :

nih pangeran bertopeng lagi belajar dari suhu



Wow, penampakannya semakin jelas ....... flower



Kembali Ke Atas Go down
Arifsugie08
Vespa Team Deluxe


Jumlah posting : 1279
Age : 30
Localisation : Tebet, kadang di jogja
Registration date : 12.01.10

PostSubyek: Re: tips pengecatan   Sun 2 Jan 2011 - 12:41

Laretha wrote:
Quote :

sepertinya ada soosok kotaro minami di balik topeng ajaib ini.....

Quote :

nih pangeran bertopeng lagi belajar dari suhu



Wow, penampakannya semakin jelas ....... flower



buruan lihatin dong mukanya.... masak sih beraninya cuma pake topeng wae...
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: tips pengecatan   

Kembali Ke Atas Go down
 
tips pengecatan
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» ganti body

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ikatan Vespa Indonesia :: Otomotif :: Perbengkelan-
Navigasi: