Forum Ikatan Vespa Indonesia

Tempat tukar Informasi para Vespamania Indonesia
 
IndeksIndeks  GalleryGallery  CalendarCalendar  FAQFAQ  PendaftaranPendaftaran  GroupGroup  Login  
Share | 
 

 ukuran spuyer normal ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
PengirimMessage
fahmi p150 sera
Pemula


Jumlah posting: 23
Localisation: cibinong
Registration date: 06.11.10

PostSubyek: ukuran spuyer normal ?   Thu 23 Dec 2010 - 8:46

kawan-kawan , para senior . ane mau tanya. vespa ane PS sera 86 ..karbu 20/15. ukuran spuyer yang normal berapa ya ?
Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders


Jumlah posting: 494
Registration date: 12.10.09

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Thu 23 Dec 2010 - 15:49

fahmi p150 sera wrote:
kawan-kawan , para senior . ane mau tanya. vespa ane PS sera 86 ..karbu 20/15. ukuran spuyer yang normal berapa ya ?

Karbu 20/15, ukuran spuyer standar adalah 82 dan 42 (150).
Kembali Ke Atas Go down
ashari_Scott.
Vespa Team Junior


Jumlah posting: 597
Age: 64
Registration date: 13.10.10

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Thu 23 Dec 2010 - 19:59

Laretha wrote:
fahmi p150 sera wrote:
kawan-kawan , para senior . ane mau tanya. vespa ane PS sera 86 ..karbu 20/15. ukuran spuyer yang normal berapa ya ?

Karbu 20/15, ukuran spuyer standar adalah 82 dan 42 (150).
kang bisa di perjelas maksutnya..
spuyer angin berapa spuyer bensin berapa..
trimss
Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders


Jumlah posting: 494
Registration date: 12.10.09

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Thu 23 Dec 2010 - 21:10

Laretha wrote:

Karbu 20/15, ukuran spuyer standar adalah 82 dan 42 (150).


ashari_Scott. wrote:

kang bisa di perjelas maksutnya..
spuyer angin berapa spuyer bensin berapa..
trimss



Mungkin ada "perbedaan istilah" yang biasanya masing-masing kita pakai.
Dalam pemahaman saya, maksudnya adalah sbb.



Spuyer yang besar (A) saya sebut dengan main jet.
Sekalipun sebenarnya spuyer tsb terdiri dari 3 bagian,
dan yang dimaksud dengan main-jet adalah bagian paling bawah.
Di karbu 20/15 ukuran standarnya 82, dan di PX saya ukurannya 102.

Spuyer yang kecil (B) saya sebut dengan pilot jet,
dan ada juga yang menyebutnya dengan spuyer langsam.
Di karbu 20/15 ukuran standarnya 42-150, dan di PX saya ukurannya 48-160.


Mungkin bro Ashari bisa menambahkan,
mana yang dimaksud dengan spuyer bensin dan mana yang spuyer angin.
Kembali Ke Atas Go down
ashari_Scott.
Vespa Team Junior


Jumlah posting: 597
Age: 64
Registration date: 13.10.10

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Thu 23 Dec 2010 - 21:15

Laretha wrote:
Laretha wrote:

Karbu 20/15, ukuran spuyer standar adalah 82 dan 42 (150).


ashari_Scott. wrote:

kang bisa di perjelas maksutnya..
spuyer angin berapa spuyer bensin berapa..
trimss



Mungkin ada "perbedaan istilah" yang biasanya masing-masing kita pakai.
Dalam pemahaman saya, maksudnya adalah sbb.



Spuyer yang besar (A) saya sebut dengan main jet.
Sekalipun sebenarnya spuyer tsb terdiri dari 3 bagian,
dan yang dimaksud dengan main-jet adalah bagian paling bawah.
Di karbu 20/15 ukuran standarnya 82, dan di PX saya ukurannya 102.

Spuyer yang kecil (B) saya sebut dengan pilot jet,
dan ada juga yang menyebutnya dengan spuyer langsam.
Di karbu 20/15 ukuran standarnya 42-150, dan di PX saya ukurannya 48-160.


Mungkin bro Ashari bisa menambahkan,
mana yang dimaksud dengan spuyer bensin dan mana yang spuyer angin.
BEnsin=mainjet
langsam=pilot jet.. yteahhh \m/
kang spuyer ari yang langsam gede bgt 48-160... apa berpengaruh gak pada problem ari yang langsam.a susah turun
Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders


Jumlah posting: 494
Registration date: 12.10.09

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Thu 23 Dec 2010 - 21:24

ashari_Scott. wrote:

kang spuyer ari yang langsam gede bgt 48-160... apa berpengaruh gak pada problem ari yang langsam.a susah turun

Vespanya apa ?

Di PX, saya sudah pernah pake spuyer langsam 42-140,
langsam juga tetap normal setelah setelan angin diseting ulang.
Hanya saja akhirnya saya tetap pilih yang standar 48-160,
karena tenaga di putaran bawah dan akselerasinya lebih maknyusss Smile
Kembali Ke Atas Go down
ashari_Scott.
Vespa Team Junior


Jumlah posting: 597
Age: 64
Registration date: 13.10.10

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Fri 24 Dec 2010 - 10:08

Laretha wrote:
ashari_Scott. wrote:

kang spuyer ari yang langsam gede bgt 48-160... apa berpengaruh gak pada problem ari yang langsam.a susah turun

Vespanya apa ?

Di PX, saya sudah pernah pake spuyer langsam 42-140,
langsam juga tetap normal setelah setelan angin diseting ulang.
Hanya saja akhirnya saya tetap pilih yang standar 48-160,
karena tenaga di putaran bawah dan akselerasinya lebih maknyusss Smile
oke kang..... Basketball Basketball
Kembali Ke Atas Go down
h3liax
Bikers


Jumlah posting: 106
Age: 37
Localisation: Kembangan,Jakarta Barat
Registration date: 03.12.10

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Sat 25 Dec 2010 - 19:25

Laretha wrote:
ashari_Scott. wrote:

kang spuyer ari yang langsam gede bgt 48-160... apa berpengaruh gak pada problem ari yang langsam.a susah turun

Vespanya apa ?

Di PX, saya sudah pernah pake spuyer langsam 42-140,
langsam juga tetap normal setelah setelan angin diseting ulang.
Hanya saja akhirnya saya tetap pilih yang standar 48-160,
karena tenaga di putaran bawah dan akselerasinya lebih maknyusss Smile

izin nimbrung kang .... puentenn...

sy punya karbu delorto si.20.20D (kalo gak salah liat) ..hikk..hikk...
apuyer A = BE5 bawah dan 160 atas ( kebalik ???) ..truss
Spuyer B = 24-140 kalo gak salah teh ...

1.kalau standardnya tuch berapa yach kedua spuyer tersebut ???
2.Kata temen ane "deksel" ane dah "kena" ... karena ane sempet ngeluh kalo setelah di tarik koplink atau setelah jalan dan berenti pas dilampu merah sukaaa...mo mati aja tuch mesin..padahal dah di "semprot2 karbunya" ...ane pake busi NGK T6 ...

confused

maap banyak tanya .... Sad

terimakasih ..
Kembali Ke Atas Go down
ashari_Scott.
Vespa Team Junior


Jumlah posting: 597
Age: 64
Registration date: 13.10.10

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Sat 25 Dec 2010 - 19:29

Laretha wrote:
fahmi p150 sera wrote:
kawan-kawan , para senior . ane mau tanya. vespa ane PS sera 86 ..karbu 20/15. ukuran spuyer yang normal berapa ya ?

Karbu 20/15, ukuran spuyer standar adalah 82 dan 42 (150).


deksel itu yang mna ya kang laretha
Kembali Ke Atas Go down
h3liax
Bikers


Jumlah posting: 106
Age: 37
Localisation: Kembangan,Jakarta Barat
Registration date: 03.12.10

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Sat 25 Dec 2010 - 19:50

ashari_Scott. wrote:
Laretha wrote:
fahmi p150 sera wrote:
kawan-kawan , para senior . ane mau tanya. vespa ane PS sera 86 ..karbu 20/15. ukuran spuyer yang normal berapa ya ?

Karbu 20/15, ukuran spuyer standar adalah 82 dan 42 (150).


deksel itu yang mna ya kang laretha

Maap jadi bolak-balik tread/posting ... pale



Mohon Pencerahannya ....


albino
Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders


Jumlah posting: 494
Registration date: 12.10.09

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Sat 25 Dec 2010 - 21:10

ashari_Scott. wrote:

deksel itu yang mna ya kang laretha
Mengenai deksel, di atas sudah ditunjukkan oleh bro H3liax.
Saya juga masih belum jelas, sebenarnya yang dimaksud dengan deksel itu mananya;
kesan saya sih, "deksel" adalah istilah yang dipakai oleh bengkel untuk menunjuk kepada pelampung, jarum pelampung, berikut tempatnya.
Mungkin nanti ada yang lebih mengerti bisa memberi pencerahan bagi kita.



h3liax wrote:

sy punya karbu delorto si.20.20D (kalo gak salah liat) ..hikk..hikk...
apuyer A = BE5 bawah dan 160 atas ( kebalik ???) ..truss
Spuyer B = 24-140 kalo gak salah teh ...

1.kalau standardnya tuch berapa yach kedua spuyer tersebut ???

Ukuran spuyer standar untuk karbu 20/20,
main jet = BE3-102
pilot jet = 48-160

Memakai pilot jet 42-140 memang bisa jalan normal dan lebih irit,
tetapi untuk putaran bawah dan akselerasi tetap lebih mantap memakai 48-160.

Gambar pilot jet / spuyer langsam (B) :
Spoiler:
 


Mixer main jet (spuyer A) bisa memakai BE3, juga bisa memakai BE5.
Dari perbedaan karakteristiknya,
untuk yang menyukai memainkan gas secara stabil di putaran bawah dan menengah, bisa memakai BE5.
Sedangkan yang suka memainkan gas dari putaran bawah sampai putaran tinggi,
dan sering menjalankan vespa dengan kecepatan relatif tinggi di jalanan luar kota,
mungkin lebih pas memakai BE3.

Gambar main jet (A) :
Spoiler:
 

Untuk sementara pemahaman saya adalah seperti itu,
mungkin rekan-rekan yang lebih faham bisa mengoreksi atau melengkapinya.
Kembali Ke Atas Go down
h3liax
Bikers


Jumlah posting: 106
Age: 37
Localisation: Kembangan,Jakarta Barat
Registration date: 03.12.10

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Sat 25 Dec 2010 - 21:52

@ kang Lareta ...

makasih banyak kang...ane jd lebih " Clear " sunny ... TOP BANGET DAH ..... cheers

Quote :
Di spuyer A, air corrector, mixer, dan main jet disambung menjadi satu,
dan gabungan ketiga unsur ini kadang saya sebut dengan istilah mainjet.
Walaupun sebenarnya yang disebut dengan main jet adalah bagian paling bawah saja.

maap ini pemahaman sy :
Untuk Main Jet [urutannya] ...
terdiri dr 3 bagian ....Mulai dari atas/kepala baut confused
1. Air Corrector .#(.....) <== confused confused
2. Mixer Tube / Atomizer . ==># BE1 s/d BE8 ... #{biasa digunakan :BE3 dan atau BE5}
3. Main Jet . ==> #{sebagai contoh : 160,102,90}


HAUCHEE..... Wink

pertanyaannya adalah ...

1. Apakah ketiga bagian Main Jet itu harus tergabung rapatt..pat...???
karena waktu sy buka/bersihkan Spuyer tersebut sepertinya yg bagian tengah [Atomizer/mixer tube] agak longar...kemudian oleh teman sy ujungnya agak di "buka/bengkek" ...biar lebih "seret" lebih mencengkram/rapet dan tidak longgar lg ...

2. Hampir atau bahkan mirip dengan kejadian beberapa teman ... vespahku sepertinya begitu "ditarik" gasna ....dan dilepass....agak lama untuk "turun" atau Stasioner/langsam...sy kurang paham istilahnya ...kira2 seperti ini ....Bruumm....brummm...brummmmm..mmmmm.mmmm.mmmmm...tengg..tengg.teng...teng..teng..teng..
confused confused confused KENAPAKAH ini ???
apakah sama dengan kasus sebelumnya ???

Terimakasih ...

albino
Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders


Jumlah posting: 494
Registration date: 12.10.09

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Sat 25 Dec 2010 - 22:26

h3liax wrote:

Untuk Main Jet [urutannya] ...
terdiri dr 3 bagian ....Mulai dari atas/kepala baut confused
1. Air Corrector .#(.....) <== confused confused
2. Mixer Tube / Atomizer . ==># BE1 s/d BE8 ... #{biasa digunakan :BE3 dan atau BE5}
3. Main Jet . ==> #{sebagai contoh : 160,102,90}
Yup.
Kepala baut tsb adalah si air corrector, ukurannya 140, 150, 160 dst; kalo nggak salah paling besar adalah 200.
Main Jet ukurannya 82, 88, 90, 100, 102, dst. ;kalo nggak salah paling besar adalah 118.
Jadi yang 160 tsb bukan ukuran mainjet, melainkan ukuran air correctornya.


h3liax wrote:

Apakah ketiga bagian Main Jet itu harus tergabung rapatt..pat...???
karena waktu sy buka/bersihkan Spuyer tersebut sepertinya yg bagian tengah [Atomizer/mixer tube] agak longar...kemudian oleh teman sy ujungnya agak di "buka/bengkek" ...biar lebih "seret" lebih mencengkram/rapet dan tidak longgar lg ...
Ya, seharusnya rapat.
Karena yang lalulalang di sana adalah udara dan bensin,
bahkan di sana pula banyak terjadi pertemuan dan penggabungan antara bensin dengan udara,
sehingga komponen itu sendiri diberi nama "mixer tube" atau "atomizer".
Jika tidak rapat, maka terjadi aliran dan jalur-jalur "liar",
sehingga bisa dipastikan kinerja karburator tidak maksimal.

Dalam hal per-spuyer-an, masing-masing kita punya gaya dan selera.
Namun, mengingat bahwa per-spuyer-an melibatkan pengukuran presisi skala mili (bahkan mungkin di bawah mili),
dan bahwa spuyer mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai alat/sarana pengabutan,
dan bahwa harga spuyer masih dalam jangkauan, relatif murah,
maka saya lebih setuju dengan mereka yang tidak merubah/memperbesar sendiri ukuran spuyer.
Jika spuyernya bermasalah, lebih baik membeli spuyer baru sesuai dengan ukuran yang kita inginkan.



Beidewei,
sebenarnya saya termasuk kelas penggembira juga lho.
So, di sini kita ngobrol-ngobrol sambil menunggu pencerahan dari mereka yang lebih ahli dalam hal ini.
Kembali Ke Atas Go down
h3liax
Bikers


Jumlah posting: 106
Age: 37
Localisation: Kembangan,Jakarta Barat
Registration date: 03.12.10

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Mon 3 Jan 2011 - 22:41

Laretha wrote:
h3liax wrote:

Untuk Main Jet [urutannya] ...
terdiri dr 3 bagian ....Mulai dari atas/kepala baut confused
1. Air Corrector .#(.....) <== confused confused
2. Mixer Tube / Atomizer . ==># BE1 s/d BE8 ... #{biasa digunakan :BE3 dan atau BE5}
3. Main Jet . ==> #{sebagai contoh : 160,102,90}
Yup.
Kepala baut tsb adalah si air corrector, ukurannya 140, 150, 160 dst; kalo nggak salah paling besar adalah 200.
Main Jet ukurannya 82, 88, 90, 100, 102, dst. ;kalo nggak salah paling besar adalah 118.
Jadi yang 160 tsb bukan ukuran mainjet, melainkan ukuran air correctornya.


h3liax wrote:

Apakah ketiga bagian Main Jet itu harus tergabung rapatt..pat...???
karena waktu sy buka/bersihkan Spuyer tersebut sepertinya yg bagian tengah [Atomizer/mixer tube] agak longar...kemudian oleh teman sy ujungnya agak di "buka/bengkek" ...biar lebih "seret" lebih mencengkram/rapet dan tidak longgar lg ...
Ya, seharusnya rapat.
Karena yang lalulalang di sana adalah udara dan bensin,
bahkan di sana pula banyak terjadi pertemuan dan penggabungan antara bensin dengan udara,
sehingga komponen itu sendiri diberi nama "mixer tube" atau "atomizer".
Jika tidak rapat, maka terjadi aliran dan jalur-jalur "liar",
sehingga bisa dipastikan kinerja karburator tidak maksimal.

Dalam hal per-spuyer-an, masing-masing kita punya gaya dan selera.
Namun, mengingat bahwa per-spuyer-an melibatkan pengukuran presisi skala mili (bahkan mungkin di bawah mili),
dan bahwa spuyer mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai alat/sarana pengabutan,
dan bahwa harga spuyer masih dalam jangkauan, relatif murah,
maka saya lebih setuju dengan mereka yang tidak merubah/memperbesar sendiri ukuran spuyer.
Jika spuyernya bermasalah, lebih baik membeli spuyer baru sesuai dengan ukuran yang kita inginkan.



Beidewei,
sebenarnya saya termasuk kelas penggembira juga lho.
So, di sini kita ngobrol-ngobrol sambil menunggu pencerahan dari mereka yang lebih ahli dalam hal ini.


bounce cheers bounce

Sundul ... bounce SunDul bounce

Sekali lagi terimakasih ...@kang larettha khususnya serta brodher2 lainna ...
maap mungkin "rada2 nyampah".... drunken drunken drunken

Sekedar inpo ...
aku sekitaran tanggal 2 January kemarin (2011) baru ganti Dexcel [Taiwan punya] scratch scratch hargana 25 rebu ...sudah dapet komplit ( plampung, jarum, ring2, gasket)...

ganti saklar lampu (sebelah kanan) sekitar 40rebu [taiwan jg] ... scratch scratch

study

Hasil study ...
Terkadang laju motor maseh suka tersendat....apa lage kalo Boncengan ama "mantan bokin" .... geek atwa abis "lari" dan berenti di lampu merah suka mo mati aja mesinna ...atau lebih parah kalo macet...
langsam rada " tersendat "

Sepuyer main jet di bagian tengahna di lapisin pake sealtip...[takut goyang2]... Rolling Eyes

Mohon masupan dari para sesepuh ....
terimakasih

study






Terakhir diubah oleh h3liax tanggal Mon 3 Jan 2011 - 22:45, total 1 kali diubah (Reason for editing : bold)
Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders


Jumlah posting: 494
Registration date: 12.10.09

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Mon 3 Jan 2011 - 22:53

h3liax wrote:

Sepuyer main jet di bagian tengahna di lapisin pake sealtip...[takut goyang2]... Rolling Eyes


Pake "sealtip" maksudnya ?
Dipasang di sebelah mananya ? Apakah ada menutupi lubang tertentu ?
Trus "sealtip" tsb apakah ada kemungkinan bisa lepas dan terjatuh ?
Kembali Ke Atas Go down
 

ukuran spuyer normal ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 3Pilih halaman : 1, 2, 3  Next

 Similar topics

-
» Tabel ukuran spuyer Vespa
» RPM tinggi mesin tersendat-sendat
» vespa ane boros omm
» Biar Vespa jadi tinggi.
» [solved]Berapa ukuran maksimal piston vespa?

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ikatan Vespa Indonesia ::  :: -