Forum Ikatan Vespa Indonesia

Tempat tukar Informasi para Vespamania Indonesia
 
IndeksIndeks  GalleryGallery  CalendarCalendar  FAQFAQ  PendaftaranPendaftaran  GroupGroup  Login  

Share | 
 

 ukuran spuyer normal ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2
PengirimMessage
h3liax
Bikers
avatar

Jumlah posting : 106
Age : 40
Localisation : Kembangan,Jakarta Barat
Registration date : 03.12.10

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Sat 5 Feb 2011 - 3:40

aan.bawono wrote:

Om itu gimana "bacana" ...

hmmm..perasaannn pernah lihat ?! ...scratch

Question Rolling Eyes


@ kang laretha ...

Spoiler:
 
study

Terimakasih banyak atas ilmu na...mohon untuk gak bosen2 menjawab dan menjelaskan pertanyaa2 dr saya ...
queen
study

Terimakasih semuanya ...

up... bounce ..up bounce


Terakhir diubah oleh h3liax tanggal Sat 5 Feb 2011 - 3:42, total 1 kali diubah (Reason for editing : spoiler)
Kembali Ke Atas Go down
aan.bawono
Vespa Raiders
avatar

Jumlah posting : 446
Localisation : Malang
Registration date : 03.02.09

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Mon 7 Feb 2011 - 7:08

contoh bacanya :
pespa ane spartan (PX200E)
di karbu tertulis 24/24E berarti standarnya :
B3(ESS)=MainJet ukuran 118 (yg paling bawah, spuyer bensin)
B1(AIR)=Air Corecctor ukuran 160 (posisi diatas)
B2(DIF)=Atomizer ukuran BE3 (posisi ditengah, banyak lobang)
RALENTI=spuyer langsam ukuran 55/160

kalo salah mohon dikoreksi, ane jg belajar dari bro Laretha

sedikit share kemaren spartanku settingannya gak enak, tanya sana-sini
ketemu ukuran diatas, trus beli dan pasang disetting2 tetep aja gak enak ???????
bawa ke markas dan kebetulan ada spartan, pinjem spuyer dan pasang dispartanku
stater ck...ck....ck... dari suaranya udah beda......
coba bawa lari ck...ck...ck....ck.....ck......ck....ck gila bener spartan larinya
TERNYATA
ada satu hal yang menurut saya sangat berpengaruh yaitu tulisan INC dan Spaco
menurut pengalaman saya meskipun ukurannya sama tapi merek Spaco hasilnya tidak bisa maksimal

yang jadi masalahnya sekarang spuyer ukuran diatas merk INC dimalang gak ada rata2 merk spaco dan merk pasuruan
dan sekarang saya pake spuyer dg ukuran gado2 tapi merknya lebih byk INC
B1 = 140 (INC)
B2 = BE3 (INC)
B3 = 118 (spaco) lubang diperbesar
spuyer langsam 48/160 (INC)
dan hasilnya lebih baik drpd semua pakai spaco dg berbagai model settingan, karbu saya Dell'orto 24/24E
saya lagi butuh spuyer INC ukuran diatas mohon bantuannya


Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders


Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Mon 7 Feb 2011 - 7:55

aan.bawono wrote:

TERNYATA
ada satu hal yang menurut saya sangat berpengaruh yaitu tulisan INC dan Spaco
menurut pengalaman saya meskipun ukurannya sama tapi merek Spaco hasilnya tidak bisa maksimal

yang jadi masalahnya sekarang spuyer ukuran diatas merk INC dimalang gak ada rata2 merk spaco dan merk pasuruan
dan sekarang saya pake spuyer dg ukuran gado2 tapi merknya lebih byk INC
B1 = 140 (INC)
B2 = BE3 (INC)
B3 = 118 (spaco) lubang diperbesar
spuyer langsam 48/160 (INC)
dan hasilnya lebih baik drpd semua pakai spaco dg berbagai model settingan, karbu saya Dell'orto 24/24E
saya lagi butuh spuyer INC ukuran diatas mohon bantuannya


INC itu bawaanya Dell'orto, sedangkan Spaco itu buatan India,
dan keduanya memang berbeda dalam standar kepresisian.
Sangat beruntung jika bisa mendapatkan yang INC, karena memang sulit mendapatkannya.

Ketika ganti pilot jet, saya pernah mengalami kesulitan mencari yang INC,
dapatnya justru yang merk abal-abal (katanya buatan Taiwan).
Mungkin pas "hoki",
memakai yang abal-abal tsb Vespa saya oke-oke saja,
sehingga sampai hari ini belum berburu spuyer lagi.

Beberapa rekan senior di sini sangat memperhatikan hal per-spuyer-an,
dan bagi mereka INC tersebut merupakan suatu keharusan.



cmiiw
Kembali Ke Atas Go down
paradise2307
Vespa Team Junior
avatar

Jumlah posting : 799
Age : 48
Localisation : Citayam-Depok
Registration date : 24.07.08

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Mon 7 Feb 2011 - 8:42

untuk spuyer langsam ada pengaruhnya gak antara yang ada lubangnya diatas dgn yg gak ada lubang diatasnya.
Kembali Ke Atas Go down
VESPA-CREATOR
Pemula
avatar

Jumlah posting : 25
Registration date : 20.01.11

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Mon 7 Feb 2011 - 15:11

Quote :
Hasil study ...
Terkadang laju motor maseh suka tersendat....apa lage kalo Boncengan ama "mantan bokin" .... atwa abis "lari" dan berenti di lampu merah suka mo mati aja mesinna ...atau lebih parah kalo macet...
langsam rada " tersendat "

Sepuyer main jet di bagian tengahna di lapisin pake sealtip...[takut goyang2]...

Mohon masupan dari para sesepuh ....
terimakasih

jangan pernah gunakan seal tape yang biasa digunakan pada pipa/kran pada main jet atau pilo tjet, karena di saat anda mengencangkan main jet atau pilot jet, besar kemungkinan bagian seal tape akan tersobek dan masuk ke dalam lubang main jet / pilot jet, yang akan berakibat ??? (silahkan anda coba sendiri)..
Kembali Ke Atas Go down
ashari_Scott.
Vespa Team Junior
avatar

Jumlah posting : 597
Age : 67
Registration date : 13.10.10

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Mon 7 Feb 2011 - 15:31

VESPA-CREATOR wrote:
Quote :
Hasil study ...
Terkadang laju motor maseh suka tersendat....apa lage kalo Boncengan ama "mantan bokin" .... atwa abis "lari" dan berenti di lampu merah suka mo mati aja mesinna ...atau lebih parah kalo macet...
langsam rada " tersendat "

Sepuyer main jet di bagian tengahna di lapisin pake sealtip...[takut goyang2]...

Mohon masupan dari para sesepuh ....
terimakasih

jangan pernah gunakan seal tape yang biasa digunakan pada pipa/kran pada main jet atau pilo tjet, karena di saat anda mengencangkan main jet atau pilot jet, besar kemungkinan bagian seal tape akan tersobek dan masuk ke dalam lubang main jet / pilot jet, yang akan berakibat ??? (silahkan anda coba sendiri)..
GUA PERNAH NYOBA 'MJ" SAMA"PJ" DI KASIH SEAL TIP.. EH TERNYATA ROBEK .. MENYELIP DI SALURAN BENSIN SERTA LUBANG LANGSAM..
ALHASIL NGEMPOS.. BENSIN KAYA TEKOR...
SIALAN.. BUTUH 3JAM BUAT NGAMBIL ROBEKAN SEALTIP...
Kembali Ke Atas Go down
tony prasetyo
Bikers


Jumlah posting : 89
Localisation : Pakujaya-Tangerang
Registration date : 28.12.10

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Mon 7 Feb 2011 - 16:25

paradise2307 wrote:
untuk spuyer langsam ada pengaruhnya gak antara yang ada lubangnya diatas dgn yg gak ada lubang diatasnya.

Saya mencoba menjawab karena pernah menggunakan kedua pilot jet yang disebutkan diatas:
1. Yang nggak ada lobang diatas: membutuhkan bukaan gas yang besar bila ingin langsam walaupun tarikan tetep lancar dengan ukuran mainjet & setelan yang pas
tapi bensin jadi boros.
2. Yang ada lobang diatasnya: tidak membutuhkan bukaan gas yang besar bila ingin langsam, bensin lebih irit bila dibandingkan penggunaan pilot jet tanpa lobang diatasnya

Berdasarkan pengalaman diatas, ternyata selama ini saya salah mengaplikasikan ukuran pilot jet yang nggak ada lobang diatasnya, setelah saya kembalikan ke ukuran yang standart untuk karburator 20/20 D akhirnya borosnya bensin di vespa saya jadi berkurang
Mudah2an ada yang bisa mengoreksi dengan apa saya sampaikan diatas......
Kembali Ke Atas Go down
ashari_Scott.
Vespa Team Junior
avatar

Jumlah posting : 597
Age : 67
Registration date : 13.10.10

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Tue 8 Feb 2011 - 15:48

tony prasetyo wrote:
paradise2307 wrote:
untuk spuyer langsam ada pengaruhnya gak antara yang ada lubangnya diatas dgn yg gak ada lubang diatasnya.

Saya mencoba menjawab karena pernah menggunakan kedua pilot jet yang disebutkan diatas:
1. Yang nggak ada lobang diatas: membutuhkan bukaan gas yang besar bila ingin langsam walaupun tarikan tetep lancar dengan ukuran mainjet & setelan yang pas
tapi bensin jadi boros.
2. Yang ada lobang diatasnya: tidak membutuhkan bukaan gas yang besar bila ingin langsam, bensin lebih irit bila dibandingkan penggunaan pilot jet tanpa lobang diatasnya

Berdasarkan pengalaman diatas, ternyata selama ini saya salah mengaplikasikan ukuran pilot jet yang nggak ada lobang diatasnya, setelah saya kembalikan ke ukuran yang standart untuk karburator 20/20 D akhirnya borosnya bensin di vespa saya jadi berkurang
Mudah2an ada yang bisa mengoreksi dengan apa saya sampaikan diatas......
iya bener bgt .. saya setuju ..
dengan mengganti spuyer langsam tanpa lubang di atas.a maka bensin lebih irit.. dan lebih responsif.. (pengalaman.)
jadi irit juga gak selalu otak atik spuyer bensin ujung bawah.a saja...
Basketball Basketball
Kembali Ke Atas Go down
dhit
Pemula
avatar

Jumlah posting : 13
Localisation : bandung
Registration date : 10.02.11

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Sat 12 Feb 2011 - 21:52

Laretha wrote:
ashari_Scott. wrote:

deksel itu yang mna ya kang laretha
Mengenai deksel, di atas sudah ditunjukkan oleh bro H3liax.
Saya juga masih belum jelas, sebenarnya yang dimaksud dengan deksel itu mananya;
kesan saya sih, "deksel" adalah istilah yang dipakai oleh bengkel untuk menunjuk kepada pelampung, jarum pelampung, berikut tempatnya.
Mungkin nanti ada yang lebih mengerti bisa memberi pencerahan bagi kita.



h3liax wrote:

sy punya karbu delorto si.20.20D (kalo gak salah liat) ..hikk..hikk...
apuyer A = BE5 bawah dan 160 atas ( kebalik ???) ..truss
Spuyer B = 24-140 kalo gak salah teh ...

1.kalau standardnya tuch berapa yach kedua spuyer tersebut ???

Ukuran spuyer standar untuk karbu 20/20,
main jet = BE3-102
pilot jet = 48-160

Memakai pilot jet 42-140 memang bisa jalan normal dan lebih irit,
tetapi untuk putaran bawah dan akselerasi tetap lebih mantap memakai 48-160.

Gambar pilot jet / spuyer langsam (B) :
Spoiler:
 


Mixer main jet (spuyer A) bisa memakai BE3, juga bisa memakai BE5.
Dari perbedaan karakteristiknya,
untuk yang menyukai memainkan gas secara stabil di putaran bawah dan menengah, bisa memakai BE5.
Sedangkan yang suka memainkan gas dari putaran bawah sampai putaran tinggi,
dan sering menjalankan vespa dengan kecepatan relatif tinggi di jalanan luar kota,
mungkin lebih pas memakai BE3.

Gambar main jet (A) :
Spoiler:
 

Di spuyer A, air corrector, mixer, dan main jet disambung menjadi satu,
dan gabungan ketiga unsur ini kadang saya sebut dengan istilah mainjet.
Walaupun sebenarnya yang disebut dengan main jet adalah bagian paling bawah saja.


Untuk sementara pemahaman saya adalah seperti itu,
mungkin rekan-rekan yang lebih faham bisa mengoreksi atau melengkapinya.

om vespa saya vespa s th 76 ..
saya pake karbu px 20/20
-spuyer A saya pake : atas 160 dan bawah 98
-sdang kan spuyer B saya pake : 42

tapi ko masih ngeberebet aja ia om . jadi tenaga nya ga keluar smua..

tolong om pencerahan nya?? makasih....
Kembali Ke Atas Go down
http://adithyasetiadi@ymail.com
Laretha
Vespa Raiders


Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Sat 12 Feb 2011 - 22:51

dhit wrote:

om vespa saya vespa s th 76 ..
saya pake karbu px 20/20
-spuyer A saya pake : atas 160 dan bawah 98
-sdang kan spuyer B saya pake : 42

tapi ko masih ngeberebet aja ia om . jadi tenaga nya ga keluar smua..

Letikan api di kabel koil dan busi apakah berwarna biru ?
Dan apakah waktu pengapiannya sudah coba disetting ke standar ?

Jika waktu pengapian dan letikan apinya bagus,
dan jika memang tidak ada kebocoran di "antara karbu dan dudukannya di mesin",
maka pilot jetnya (spuyer B) coba pakai yang 48.

Bisa pinjam teman dulu untuk mencoba,
atau jika langsung beli harganya di kisaran 10 k.
Kembali Ke Atas Go down
dhit
Pemula
avatar

Jumlah posting : 13
Localisation : bandung
Registration date : 10.02.11

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Sun 13 Feb 2011 - 1:28

Laretha wrote:

Letikan api di kabel koil dan busi apakah berwarna biru ?
Dan apakah waktu pengapiannya sudah coba disetting ke standar ?

Jika waktu pengapian dan letikan apinya bagus,
dan jika memang tidak ada kebocoran di "antara karbu dan dudukannya di mesin",
maka pilot jetnya (spuyer B) coba pakai yang 48.

Bisa pinjam teman dulu untuk mencoba,
atau jika langsung beli harganya di kisaran 10 k.
kalo warna letikan api sih . warna biru !!
tapi saya pake koil mobil excelent th 81 .. apa kah itu berpeharuh om??

tapi ntar saya coba dulu . spuyer B pake ukuran 48 ...
Kembali Ke Atas Go down
http://adithyasetiadi@ymail.com
Laretha
Vespa Raiders


Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Sun 13 Feb 2011 - 20:28

dhit wrote:
Laretha wrote:

Letikan api di kabel koil dan busi apakah berwarna biru ?
Dan apakah waktu pengapiannya sudah coba disetting ke standar ?

Jika waktu pengapian dan letikan apinya bagus,
dan jika memang tidak ada kebocoran di "antara karbu dan dudukannya di mesin",
maka pilot jetnya (spuyer B) coba pakai yang 48.

Bisa pinjam teman dulu untuk mencoba,
atau jika langsung beli harganya di kisaran 10 k.
kalo warna letikan api sih . warna biru !!
tapi saya pake koil mobil excelent th 81 .. apa kah itu berpeharuh om??

tapi ntar saya coba dulu . spuyer B pake ukuran 48 ...


Boleh coba pilot jet ke 48, atau bisa coba dulu ganti koil standar,
karena mungkin saja penyebab ngaberebet (tidak stabil) tersebut bersumber dari koil mobil tsb.

Setahu saya, voltase yang dihasilkan oleh koil mobil jauh lebih tinggi dari voltase yang dihasilkan oleh koil vespa,
sehingga jika ingin lebih baik, perlu juga diupgrade kabel busi dan jenis busi yang dipergunakan.
Kembali Ke Atas Go down
dhit
Pemula
avatar

Jumlah posting : 13
Localisation : bandung
Registration date : 10.02.11

PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   Sun 13 Feb 2011 - 22:04

Laretha wrote:

Boleh coba pilot jet ke 48, atau bisa coba dulu ganti koil standar,
karena mungkin saja penyebab ngaberebet (tidak stabil) tersebut bersumber dari koil mobil tsb.

Setahu saya, voltase yang dihasilkan oleh koil mobil jauh lebih tinggi dari voltase yang dihasilkan oleh koil vespa,
sehingga jika ingin lebih baik, perlu juga diupgrade kabel busi dan jenis busi yang dipergunakan.

ok . ntar saya coba dulu ganti koil nya sama spuyernya !!
maksih ni broo informasinya .. hatur nuhun !
Kembali Ke Atas Go down
http://adithyasetiadi@ymail.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: ukuran spuyer normal ?   

Kembali Ke Atas Go down
 
ukuran spuyer normal ?
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 2Pilih halaman : Previous  1, 2
 Similar topics
-
» tanya ubah body tengah super bajaj jadi vbb
» ask ban vespa sprint
» Info spare parts
» TAKARAN OLI MESIN PX?
» Blue print Sespan/Sidecar Vespa Super

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ikatan Vespa Indonesia :: Otomotif :: Mesin-
Navigasi: