Forum Ikatan Vespa Indonesia

Tempat tukar Informasi para Vespamania Indonesia
 
IndeksIndeks  GalleryGallery  CalendarCalendar  FAQFAQ  PendaftaranPendaftaran  GroupGroup  Login  

Share | 
 

 asap keluar dr knalpot + oli

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
masterplan
Pemula
avatar

Jumlah posting : 29
Registration date : 25.07.10

PostSubyek: asap keluar dr knalpot + oli   Thu 30 Dec 2010 - 19:53

bro, kenapa ya vespa saya kalau lg nyala selalu "ng-crot" oli nya dr knalpot.
ini ada masalah dari isepan apa ngga? apa penyebab nya ada hal yang lain?Question Question
perasaan kalo nambah oli samping juga jarang kbanyakan, slalu pas pkai gelas ukur. drunken
Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders


Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

PostSubyek: Re: asap keluar dr knalpot + oli   Thu 30 Dec 2010 - 21:49

Boleh tahu spesifikasi vespanya ?
Knalpotnya apakah masih memakai yang standar ori ?
Menambah oli pake gelas ukur, tentunya mengikuti ukurannya kan ?


Sebagai langkah awal, mungkin bisa dicek kondisi busi terlebih dulu,
untuk memperkirakan apakah pembakarannya bagus,
ataukah pembakarannya jauh dari sempurna sehingga menyisakan gas bakar (bensin + oli)
yang tidak terbakar dengan sempurna.
Juga perlu dicek apakah di dalam knalpot sudah mempunyai banyak "tabungan oli" di dalamnya.
Kembali Ke Atas Go down
masterplan
Pemula
avatar

Jumlah posting : 29
Registration date : 25.07.10

PostSubyek: Re: asap keluar dr knalpot + oli   Thu 30 Dec 2010 - 22:48

Laretha wrote:
Boleh tahu spesifikasi vespanya ?
Knalpotnya apakah masih memakai yang standar ori ?
Menambah oli pake gelas ukur, tentunya mengikuti ukurannya kan ?


Sebagai langkah awal, mungkin bisa dicek kondisi busi terlebih dulu,
untuk memperkirakan apakah pembakarannya bagus,
ataukah pembakarannya jauh dari sempurna sehingga menyisakan gas bakar (bensin + oli)
yang tidak terbakar dengan sempurna.
Juga perlu dicek apakah di dalam knalpot sudah mempunyai banyak "tabungan oli" di dalamnya.

hehe, kebetulan pakai knalpot standar, baru, tapi yang lokal,merk nya global.
oli sesuai sama takaran yang dianjurkan gelas.
kompresi tinggi, dan busi sehat2 aja(blum dicek tapi bro) kalau sekali nedang engkolan langsung nyala.
vespa saya sprint v , spek standar saja bro.
trus bner ga klo kompresi tinggi bagus nya pakai pertamax??
Smile
Kembali Ke Atas Go down
thom
Vespa Raiders
avatar

Jumlah posting : 296
Age : 32
Localisation : Bukittinggi -> depok -> Bandung
Registration date : 13.12.08

PostSubyek: Re: asap keluar dr knalpot + oli   Thu 30 Dec 2010 - 23:55

masterplan wrote:
bro, kenapa ya vespa saya kalau lg nyala selalu "ng-crot" oli nya dr knalpot.
ini ada masalah dari isepan apa ngga? apa penyebab nya ada hal yang lain?Question Question
perasaan kalo nambah oli samping juga jarang kbanyakan, slalu pas pkai gelas ukur. drunken

ikut bantu kali aja sama kasusnya....
ngecrotnya parah/banyak ga bro?
dulu vespa ane juga pernah gitu bro, malahan lebih parah. bensin ngocor ke knalpot. penyebabnya apung2 ( punya isitilah laen??) yg ngatur distribusi bensin di karburator nyangkut bro, jadinya bensin terus aja nyuplay ke piston walo vespa lagi parkir dan nampung ke knalpot. pas pagi2 gw slah, eeee knalpot nya nyemprot macam mbah dukun lagi ngobatin pasiennya. jadi ada bagusnya di check juga tuh apung2 di karbu ente, mungkin engselnya ga jalan. Mad Mad Mad
Kembali Ke Atas Go down
magi
Vespa Raiders
avatar

Jumlah posting : 341
Localisation : bandung - Yogyakarta,indonesia NRF-IVI 177
Registration date : 02.07.10

PostSubyek: Re: asap keluar dr knalpot + oli   Fri 31 Dec 2010 - 0:39

apung" = pelampung = dexel bener gak ya Laughing
Kembali Ke Atas Go down
http://maginugroho@ymail.com
masterplan
Pemula
avatar

Jumlah posting : 29
Registration date : 25.07.10

PostSubyek: Re: asap keluar dr knalpot + oli   Fri 31 Dec 2010 - 7:20

thom wrote:
masterplan wrote:
bro, kenapa ya vespa saya kalau lg nyala selalu "ng-crot" oli nya dr knalpot.
ini ada masalah dari isepan apa ngga? apa penyebab nya ada hal yang lain?Question Question
perasaan kalo nambah oli samping juga jarang kbanyakan, slalu pas pkai gelas ukur. drunken

ikut bantu kali aja sama kasusnya....
ngecrotnya parah/banyak ga bro?
dulu vespa ane juga pernah gitu bro, malahan lebih parah. bensin ngocor ke knalpot. penyebabnya apung2 ( punya isitilah laen??) yg ngatur distribusi bensin di karburator nyangkut bro, jadinya bensin terus aja nyuplay ke piston walo vespa lagi parkir dan nampung ke knalpot. pas pagi2 gw slah, eeee knalpot nya nyemprot macam mbah dukun lagi ngobatin pasiennya. jadi ada bagusnya di check juga tuh apung2 di karbu ente, mungkin engselnya ga jalan. Mad Mad Mad

kalau lagi parkir, bensin ga sampai ngocor tiba2 , tapi biasanya ngecrot pas dinyalain aja.
mungkin kalau kaya gitu apung-apung punya saya masih normal ya?
detsel mungkin ya yang dimaksud apung-apung ?? Question
cheers cheers
Kembali Ke Atas Go down
sii ca'ur
Bikers


Jumlah posting : 60
Age : 22
Localisation : kunciran - pinang - tangerang
Registration date : 21.12.10

PostSubyek: Re: asap keluar dr knalpot + oli   Fri 31 Dec 2010 - 7:37

isapan kali tuh brad ..!!!
soal'e vespa ane dulu kaya gitu malahan bensin ampe keluar dari knalpot
Kembali Ke Atas Go down
toea_gila
Vespa Raiders
avatar

Jumlah posting : 315
Registration date : 13.07.07

PostSubyek: Re: asap keluar dr knalpot + oli   Fri 31 Dec 2010 - 9:49

masterplan wrote:
bro, kenapa ya vespa saya kalau lg nyala selalu "ng-crot" oli nya dr knalpot.
ini ada masalah dari isepan apa ngga? apa penyebab nya ada hal yang lain?Question Question
perasaan kalo nambah oli samping juga jarang kbanyakan, slalu pas pkai gelas ukur. drunken


banyaknya oli yang keluar dari knalpot biasanya terjadi karena shield crack as nya udah nggak bagus. ini ditandai pekat nya asap knalpot.

bisa juga memang dexcel di karbu juga udah nggak berfungsi baik, sehingga terjadi "banjir", namun kalau banjir biasanya sulit untuk di nyalakan.

untuk itu, coba di cek oli mesinnya dulu, berkurang drastis atau nggak, dan juga cek apakah asap nya pekat atau tidak, bila oli mesin berkurang secara drastis dan asep putih pekat, sekalian juga di cek stut dan gobangan, apakah terjadi pengikisan, jika hal- hal tersebut terjadi, tandanya shield crack as nya sudah minta di ganti....

namun bila semua dalam kondisi normal, (oli mesin nggak berkurang, asap tidak pekat, stut dan gobangan tidak terjadi pengikisan) kemungkinan lain adalah tangki bensinya perlu di kuras... alias dibersihkan.....
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
avatar

Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

PostSubyek: Re: asap keluar dr knalpot + oli   Fri 31 Dec 2010 - 10:45

apakah asap knalpot berwarna putih seperti fogging?
Kembali Ke Atas Go down
masterplan
Pemula
avatar

Jumlah posting : 29
Registration date : 25.07.10

PostSubyek: Re: asap keluar dr knalpot + oli   Mon 24 Jan 2011 - 20:43

toea_gila wrote:
masterplan wrote:
bro, kenapa ya vespa saya kalau lg nyala selalu "ng-crot" oli nya dr knalpot.
ini ada masalah dari isepan apa ngga? apa penyebab nya ada hal yang lain?Question Question
perasaan kalo nambah oli samping juga jarang kbanyakan, slalu pas pkai gelas ukur. drunken


banyaknya oli yang keluar dari knalpot biasanya terjadi karena shield crack as nya udah nggak bagus. ini ditandai pekat nya asap knalpot.

bisa juga memang dexcel di karbu juga udah nggak berfungsi baik, sehingga terjadi "banjir", namun kalau banjir biasanya sulit untuk di nyalakan.

untuk itu, coba di cek oli mesinnya dulu, berkurang drastis atau nggak, dan juga cek apakah asap nya pekat atau tidak, bila oli mesin berkurang secara drastis dan asep putih pekat, sekalian juga di cek stut dan gobangan, apakah terjadi pengikisan, jika hal- hal tersebut terjadi, tandanya shield crack as nya sudah minta di ganti....

namun bila semua dalam kondisi normal, (oli mesin nggak berkurang, asap tidak pekat, stut dan gobangan tidak terjadi pengikisan) kemungkinan lain adalah tangki bensinya perlu di kuras... alias dibersihkan.....

kalau nyalain vespa nya sih gampang om, buat ng-cek habisnya oli sepertinya rada susah, soalnya ga bisa saya tebak, apalagi stut sama gobangan, saya belum paham betul nih Sad tapi kalau ganti shield crack as gmana cara nya? turun mesin gt ga om? Question



koenig blues wrote:
apakah asap knalpot berwarna putih seperti fogging?
seprtinya asap yang keluar biasa aja om, ga seperti fogging : Sad
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
avatar

Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

PostSubyek: Re: asap keluar dr knalpot + oli   Tue 25 Jan 2011 - 12:59

bila asap yang keluar tidak terlalu pekat seperti fogging maka asumsi saya adalah kualitas pori-pori (sekat) didalam knalpot anda kurang bagus sehingga sisa pembakaran tidak tertahan sekat dengan sempurna tetapi langsung keluar pada mulut knalpot

ps: apakah anda yakin oli samping anda tidak terlalu banyak? karena pada excel saya knalpot juga menyemburkan sedikit bercak hitam tetapi dikarenakan takaran oli saya 5%
Kembali Ke Atas Go down
masterplan
Pemula
avatar

Jumlah posting : 29
Registration date : 25.07.10

PostSubyek: Re: asap keluar dr knalpot + oli   Tue 1 Feb 2011 - 0:00

koenig blues wrote:
bila asap yang keluar tidak terlalu pekat seperti fogging maka asumsi saya adalah kualitas pori-pori (sekat) didalam knalpot anda kurang bagus sehingga sisa pembakaran tidak tertahan sekat dengan sempurna tetapi langsung keluar pada mulut knalpot

ps: apakah anda yakin oli samping anda tidak terlalu banyak? karena pada excel saya knalpot juga menyemburkan sedikit bercak hitam tetapi dikarenakan takaran oli saya 5%

hehe.. ga terlalu yakin juga kalau oli samping nya tidak terlalu banyak, tapi emang mending kebnyakan kan daripada kurang oli. ? ??? Very Happy
dan akhirnya saya coba knalpot lama, hasilnya oli ga muncrat lagi, bisa disimpulin knalpot yg baru saya beli itu sekat di dalam nya kurang mnahan sisa pembakaran.

thx semua nya yang udah ngasih tau sama saya.
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
avatar

Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

PostSubyek: Re: asap keluar dr knalpot + oli   Tue 1 Feb 2011 - 11:34

memang tidak bisa dipungkiri kualitas knalpot lokal sekarang tidak sebagus knalpot lokal yang diproduksi 10 tahun lalu Sad
Kembali Ke Atas Go down
h3liax
Bikers
avatar

Jumlah posting : 106
Age : 40
Localisation : Kembangan,Jakarta Barat
Registration date : 03.12.10

PostSubyek: Re: asap keluar dr knalpot + oli   Sat 5 Feb 2011 - 3:48

koenig blues wrote:
memang tidak bisa dipungkiri kualitas knalpot lokal sekarang tidak sebagus knalpot lokal yang diproduksi 10 tahun lalu Sad

SetuBuh .....
mungkin juga termaktub untuk beberapa sparepart lainnya kale yach yang secara dari material mungkin lebih baik/bagus terdahuluna ...mungkin ....kah mungkin...
confused
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: asap keluar dr knalpot + oli   

Kembali Ke Atas Go down
 
asap keluar dr knalpot + oli
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Bensin keluar dari knalpot!!
» nyari knalpot racing
» FS : Knalpot Vespa Px ( GFM)
» nyari knalpot px ori second
» aneka knalpot vespa

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ikatan Vespa Indonesia :: Otomotif :: Mesin-
Navigasi: